Seni Kuliner

12 Macam Kuliner yang Harus Dicicip di Batam

Seniberjalan.com – Khazanah kuliner Batam sangat bervariasi. Cita rasa makanannya dipengaruhi kazanah makanan Melayu, India, Singapura dan Malaysia.

Saat Anda berkunjung ke Batam, ada banyak pilihan makanan yang identik dengan Batam yang patut dicoba. Berikut berbagai menu yang harus Anda cicip saat di Batam.

 

1.Teh Obeng

teh obeng/seniberjalan

Jenis minuman ini tak seekstrem namanya. Di Batam Teh Obeng sudah menjadi minuman wajib saat menyantap makanan.

Teh Obeng sama halnya dengan minuman es tes manis atau teh es. Teh Obeng berasal dari sebutanTeh Apeng. Apeng berarti es yang diserap dari bahasa tionghoa. Namun penyebutannya berubah menjadi Obeng.

Teh Obeng merupakan minuman yang segar dan menjadi teman dari semua santapan.

2. Teh O

Teh O/seniberjalan
Teh O/seniberjalan

Teh O adalah sebutan lain dari Teh Manis Panas. Orang Melayu Kepri sering menyebutnya dengan Teh O. Teh O berupa minum teh dengan larutan teh yang cukup pekat.

Terkadang ditemui rasa teh yang dicampur dengan daun pandan. Teh O begitu mudah ditemui di kedai-kedai terdekat.

3. Kopi O

kopi o/seniberjalan.com
kopi o/seniberjalan.com

Tak berbeda dengan sebutan Teh O, Kopi O adalah minuman kopi panas. Kopi O dengan mudah ditemukan dikedai-kedai kopi merakyat di Batam. Kopi O juga ditemui di Malaysia dan Singapura.

Kopi O di Batam memiliki ciri khas rasa kopi yang kuat dan harum. Biasanya bijih kopi dipanggang menggunakan mentega dan gula.

4.Mie Tarempa

mie tarempa/seniberjalan
mie tarempa/seniberjalan

 

Mie Tarempa termasuk makanan khas Melayu Kepri, namun juga ditemui diberbagai kedai di Batam. Mie Tarempa berasal dari desa Tarempa, Anambas.

Mie Tarempa memiliki tekstur mie yang lebar. Mie ini dicampur olahan ikan dan ayam. Inilah yang membuat mie ini lezat dilidah.

5.Mie Lendir

Mie Lendir?seniberjalan.com

Mie Lendir adalah mie rebus yang disiram kuah kental (biasanya dari olahan tepung) yang disajikan hangat. Kuah Mie Lendir merupakan kuah kental yang dicampur dengan olahan kacang.

6. Roti Prata

Roti Prata/seniberjalan
Roti Prata/seniberjalan

Roti Prata memang identik dengan makanan India. Di Batam jenis makanan ini juga membumi dan menjadi makanan ringan atau cemilan.

Roti Prata adalah olahan roti dari tepung terigu yang digoreng seperti martabak. Penyajiannya disandingkan dengan kuah kari yang berisi daging ayam.

7. Cumi Masak Hitam

Cumi Masak Hitam/seniberjalan

Cumi Masak hitam adalah masakan yang terlihat meragukan untuk dimakan karena tampilan makanan ini dilumuri dengan kuah hitam.

Kuah hitam ini berasal dari tinta cumi yang diolah dengan bumbu yang khas. Padahal rasanya tidak menggambarkan bentuknya, cenderung asam dan manis.

8. Asam Pedas

Asam Pedas/seniberjalan.com

Ikan Asam Pedas merupakan masakan nusantara, sehingga tak hanya ditemukan di Batam. Asam pedas ala Batam atau melayu tidak terlalu pedas. Diolah dari ikan segar sehingga rasanya lebih gurih.

9. Mie Sagu

Mie Sagu/seniberjalan.com
Mie Sagu/seniberjalan.com

 

Olahan Mie Sagu sebenarnya lebih mudah ditemui di Selat Panjang Meranti, Riau. Makanan ini juga ditemukan di Batam. Sesuai namanya, Mie Sagu terbuat dari tepung sagu.

Dalam olahan makan disajikan dalam bentuk mie sagu goreng, lembab dan rebus. Campuran Mie Sagu berupa tauge, telur, bakso ikan, udang atau potongan ikan.

10. Nasi Dagang/Nasi Lemak

Nasi Lemak/seniberjalan

Nasi Dagang atau sering juga disebut Nasi Lemak adalah menu sarapan pagi di Batam. Yah, menu ini mirip nasi uduk, nasi yang diolah menggunakan santan. Untuk nasi lemak komplit, isinya berupa ikan teri, ikan laut balado, telur dan ditambahkan taburan kacang serta cabai merah.

11. Sup Ikan

Sup Ikan Aliang Batam
Sup Ikan/seniberjalan.com

Sup Ikan merupaka sajian makanan laut berupa ikan yang diolah dengan kuah sup. Di Batam Sup Ikan ditambahkan campuran sosis dan sayuran seperti selada dan tomat hijau. Sup ini disantap hangat dengan nasi atau tanpa nasi.
12. Teh Tarik

Teh tarik/seniberjalan

Teh Tarik memiliki rasa yang hampir sama dengan teh susu. Teh Tarik di Batam diolah dari campuran teh tubruk yang disaring dan diseduh dengan susu kental manis yang alot.

Sebagian peracik teh ini, terkadang juga menambahkan rasa kayu manis. Teh ini disajikan berbusa karena cara pembuatannya ditarik atau dituang berulang-ulang ke dalam gelas.

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

4 Comments

Click here to post a comment

Seni Hiburan

Seni Wisata

Seniberjalan Channel

Facebook