Seni Event

2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta Batam 2017 sebagai Jendela Wisata Bahari

SONY DSC
kelas Keelboat IRC (yacht). Kompetisi berlangsung seru.

Seniberjalan.com—- Gelombang laut cukup menggila, tekanan angin yang kuatpun serta merta menggoyangkan boat Go yang dinahkodai kapten kapal bernama Rico ini. Langit tampak gelap, hujan sepertinya siap untuk mengguyur.Namun, lelaki berkacamata gelap itu terus mengemudikan boat-nya ke tengah laut, mengantar sekumpulan penonton menyaksikan langsung kompetisi perahu layar Nongsa Regatta 2017, Minggu (22/1).

Perahu layar-perahu layar (yacht) kini sudah di depan mata. Datang pada hari ke dua (terakhir) kategori kompetisi yang sempat disaksikan adalah kelas Keelboat IRC (yacht). Kompetisi berlangsung seru. Sontak memacu adrenalin saat melihat kelihai peserta lomba menggerakkan perahu dalam gelombang yang menggoyang. Perahu melaju dengan membaca arah dan kekuatan angin utara. Tak jarang mereka berkelok ekstrem, lalu saling mengejar satu sama lain.

Perahu melaju dengan membaca arah dan kekuatan angin utara.

Inilah gelaran 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta Batam 2017 yang diselenggarakan Nongsa Point and Marina and Resort (NPM). Event tersebut merupakan perlombaan kapal layar bertaraf internasional yang mengikut sertakan peserta dari Singapura, New Zealand, Italia, Amerika dan juga Indonesia.

Selaku tuan rumah, NPM resort tentu telah mempersiapkam fasilitas berstandar international, apalagi selama ini sudah dipercaya sebagai resort yang menyediakan fasilitas jetty untuk parkir kapal-kapal yacht dari berbagai negara. Sehingga NPM optimis untuk kembali mengadakan event ke dua tahun ini. Tahun sebelumnya, Nongsa Regatta dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dan supporter dari Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Kategori yang diperlombakan tahun ini diantaranya adalah 30 Dinghies, 10 Keelboats (yacht), dan 6 Radio Control Sailboats. Perlombaan Yacht diikuti oleh 9 tim yang berasal dari Singapura, Selandia Baru, Amerika dan Italia. Kelas Dinghy terdiri dari Laser dan Optimist, diikuti oleh 20 peserta junior yang berasal dari Kepulauan Riau dan Banten. Untuk kategori tambahan tahun ini yakni kategori Radio Control Sailboat, diikuti oleh 6 orang yang berasal dari Australia, Belanda dan Inggris.

Sang pemenang

Kompetisi perahu layar yang berlangsung sejak tanggal 20-22 Januari 2017 atau 3 hari berturut-turut, 9 yacht berlayar sejauh 2 mil dari Marina menuju perairan Nongsa (lokasi lomba). Perlombaan yang dimulai pukul 12:00 hingga 17:30 ini menyisihkan 3 pemenang harian dan 3 pemenang keseluruhan.

Kategori yacht dimenangkan oleh tim Discover Sailing Asia Getaway Ichi. Disusul Quarterdeck diposisi kedua dan WakaTere di posisi ketiga. Pertandingan yacht dipandu oleh Choy Yi Hong sebagai chief race officer dan tim dari Changi Sailing Club, didukung oleh tiga orang juri internasional dari Singapore dan Indonesia yaitu Lock Hong Kit, Tan Tee Suan dan Iwan Ngantung (Porlasi).

Kategori dinghy, pertandingan dibagi menjadi 3 yaitu Optimist Putra, Optimist Putri, dan Laser. Optimis Putra dimenangkan oleh Jerry, Optimist Putri dimenangkan oleh Dilla Safitri dan kategori Laser dimenangkan oleh Andini Setya. Ketiganya Peserta ini merupakan remaja binaan dari Riau Yacht Club, Nongsa.

Kemudian untuk Radio Control Sailboats, Geoff Shepherd menjadi pemenang pertama, juara kedua diraih oleh Bart Ouwerling dan juara ketiga diraih oleh Mark Biggs. Untuk sistem penjurian, dinilai berdasarkan pada jenis kapal yang memiliki handicap berbeda.

kategori tambahan tahun ini yakni ditambahkan kategori Radio Control Sailboat, diikuti oleh 6 orang yang berasal dari Australia, Belanda dan Inggris.

Support NPM untuk wisata bahari Kepri

selaku tuan rumah, NPM resort tentu telah mempersiapkam fasilitas marina berstandar international,

NPM berharap event ini dapat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun internasional sebagai bagian perhelatan wisata bahari Kepulauan Riau, khususnya Batam. Pun, kompetisi tersebut juga tidak terlepas dari dukungan Kementrian Pariwisata RI dan Dispar Kepri. Pemerintah (kementrian) sendiri memberikan support dengan menghadiri langsung penutupan 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta.

Event yacht dianggap sebagai media dan upaya promosi wisata bahari di Kepri. NPM sudah mengambil bagian tersebut. Kabar baiknya Nongsa Regatta menjadi agenda tahunan di Kepri dan telah masuk ke dalam Kalender event Dinas Pariwisata Batam dan Dinas Pariwisata Kepulauan Riau.

Prakash Reddy, Marina & Watersport Manager Nongsa Point Marina & Resort sekaligus ketua pelaksana memaparkan bahwa NPM sudah menjadi tempat penyelenggaraan event Singapore Strait Regatta selama lebih dari 20 tahun.

” Namun, baru dua tahun terakhir ini Nongsa Point Marina & Resort menjadi penyelenggara atau tuan rumah event internasional..Ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri karena untuk menyelenggarakan Nongsa Regatta dibutuhkan persiapan yang matang dan melibatkan banyak pihak dan diikuti berbagai negara,” ujar dia dalam rilis NPM waktu lalu.


Info lebih lanjut seputar NPM silakan berkunjung ke Facebook Page Nongsa Point :Nongsa Point Marina &ResortTwitter : @nongsapointInstagram : @nongsapointYoutube : Nongsa Point Marina & Resort.

berikut tambahan video gelaran 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta Batam 2017

 

About the author

Seni Berjalan

4 Comments

Click here to post a comment