Seni Event

17an Ala Backpacker Situbondo

suasana upacara 17an diPantai Balanan (Foto : Ist)
suasana upacara 17an diPantai Balanan (Foto : Ist)

Seniberjalan.com— Backpacker Situbondo ngadain upacara 17an sekaligus bersih pantai di Taman Nasional Baluran Jawa Timur. 17 anak muda terlibat diacara itu pada tanggal 16-17 Agustus 2015. Yang diketuai oleh Wahyu Agus Barata.

Mereka berkumpul hari minggu jam 14.00 di lampu merah asem bagus, perjalanan ke Taman Nasional Baluran ditempuh dengan sepeda motor selama 3 jam lewat Karang Tekok. Sebelum magrib sudah sampai di lokasi ngecamp yang berada di depan kantor penjagaan. Dengan cekatan langsung bikin tenda.

Malam harinya seperti kebanyakan acara camping, ngobrol-ngobrol berbagi pengalaman antar anggota sembari ngopi. Tak ketinggalan dilanjutkan gladi bersih upacara. Suasana malam di Taman Baluran Nasional cukup dingin.


Senin 17 Agustus 2015, jam 06.30 semua sudah siap di lokasi upacara yaitu di pantai Balanan. Upacara di laksanakan layaknya upacara pada umumnya ada pengibaran merah putih dan juga menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selesai itu acara lanjut dengan aksi sosial bersih pantai.

Ada 3 pantai yang jadi target bersih-bersih, pantai balanan, pantai kakapan dan pantai bilik. Jarak antar pantai sekitar 15-20 menit.

keluarga besar Backpacker Situbondo (Foto : Ist)
keluarga besar Backpacker Situbondo (Foto : Ist)

“Saya merasa senang dan bangga dengan adanya Backpacker Situbondo yang mengadakan upacara 17an sekaligus bersih-bersih pantai. Karena di jaman sekarang rasa nasionalisme anak muda sudah semakin menurun dengan adanya acara semacam ini semoga menjadi contoh yang baik. Intinya saya dari pihak pengurus Taman Nasional Baluran mendukung apapun itu yang sifatnya positif dilakukan di sini” kata Bapak Hendro Siswandi, SH.

Setelah selesai, selanjutnya adalah acara hiburan. Mandi dilaut, foto-foto dan makan bersama juga. Pukul 12.00 siang acara di tutup dan melakukan perjalanan pulang. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang indah mulai dari padang savana, hutan mangrove, pantai, pegunungan dan tentunya satwa yang hidup bebas seperti banteng, kerbau liar, monyet, rusa, kijang, merak.

Backpacker Situbondo adalah tempatnya para pecinta & penjelajah tempat wisata maupun pesona alam lainnya yang ada di Kabupaten Situbondo – Jawa Timur maupun diseluruh Indonesia.

Alam bukan hanya untuk dinikmati saja, tetapi sebagai makhluk bumi kita wajib menjaga & melestarikannya. Serta Menjadikan Kota Situbondo sebagai Kota wisata yang SANTRI (Sopan, Aman, Nyaman, Tertib, Rapi & Indah) dan layak dikunjungi. Itu lah visi misi Backpacker Situbondo.

Sebagai program kerja tahunan, Backpacker Situbondo mengadakan upacara bendera untuk memperingati dirgahayu Republik Indonesia yang ke 70 tahun.