Seni Wisata

4 Rekomendasi Wisata Pulau dan Gunung di Lingga

foto: paino

Seniberjalan.com_Keindahan alam Negeri Bunda Tanah Melayu, Lingga sungguh cantik. Potensi wisata alam Lingga lebih komplit di banding daerah Kepri lainnya. Gunung, sawah, air terjun, pantai adalah andalannya.

Baca juga : Pulau Sekeling, Lingga

Jika Anda sempat mampir ke Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau ini, ada beberapa lokasi wisata yang bisa direkomendasikan. Berikut bocoran dari seniberjalan.

Pulau Benan

foto: pengendolan.com

Pulau Benan berada di Kecamatan Senayang, Lingga. Pulau ini dianggap sebagai kawasan wisata bahari di Lingga. Pulau Benan menawarkan pengalaman menarik selain pemandangan pantai yang mengusik.

Misalnya bersnorkeling dan diving. Atau pilihan lain menyaksikan karang dengan menaiki perahu kaca. Pengunjung Pulau Benan adalah wisatawan lokal dan mancanegara seperti dari Singapore hingga negara-negara Eropa.

Untuk ke Pulau Benan biasanya memanfaatkan paket tour dari Batam ataupun Tanjungpinang.

Pulau Mepar

foto: halamankepri.com

Pulau Mepar terletak di ujung Pelabuhan Tanjung Buton, Lingga. Pulau Mepar sebagai kawasan wisata sejarah dan budaya di Lingga.

Selain wisata sejarah dan budaya, pengunjung juga dimanjakan dengan wisata kuliner berupa santapan Melayu di Tanjung Buton. Pengunjung Pulau Mepar didominasi wisatawan tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Gunung Daik

foto: Paino

Gunung Daik terletak di Kecamatan Lingga. Memiliki tiga cabang yang unik. Gunung ini terkenal hingga ke negeri jiran Malaysia. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Riau dengan ketinggian 1165 Mdpl.

Gunung Daik memiliki pesona keindahan yang menarik minat para pendaki. Jalurnya terkenal terjal dan berliku. Namun terbayar dengan keindahan alam yang masih asri dan hijau.

Di kaki gunung, terdapat sungai-sungai yang memiliki air sangat jernih. Air dari sungai ini pula menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat Lingga.

Durasi pendakian Gunung Daik mencapai 8-9 jam. Jika bermalam di gunung ini, pendaki akan disuguhkan indahnya menyaksikan sunrishe di pagi hari.

Gunung Daik punya legenda tersendiri yang dipercaya masyarakat setempat. Pada zaman dahulu, ceritanya gunung ini dihuni oleh makhluk halus atau orang bunian.

Bukit Permata atau Gunung Sepincan

foto: Paino

Bukit Permata berlokasi di desa kecil Panggak Darat, Kecamatan Lingga. Nama lain gunung ini adalah Gunung Sepincan. Namun, warga setempat lebih familiar dengan sebutan Bukit Permata.

Gunung ini berketinggian 1001 Mdpl dan merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Kepri.ย  Track untuk sampai ke puncak Bukit Permata cukup memacu adrenalin.

Sebagai gunung dengan suguhan keindahan hutan hujan tropis dan hamparan bongsai Mentigi hingga Hutan Lumut di sepanjang perjalanan menuju puncak di ketinggian 700 Mdpl.

Pada musim tertentu, Hutan Lumut akan berubah warna tergantung curah hujan yang turun. Di penghujung tahun, menjadi waktu cukup baik menikmati pemandangan menakjubkan ini.

Bukit permata juga dikenal dengan Goa Kelelawar (Goa Saleh), Goa Batu Balai, Goa Sempit, Goa Meran, Air Terjun Ayu, Batu Belah, serta Batu Takok Kime.

Sementara itu, dipuncaknya juga dialiri aliran sungai yang tidak pernah kering ketika musim panas, yang diberi nama Danau Kembang Manaun.

Jalur pendakian dapat ditempuh dari Desa Panggak Darat. Sampai kepuncak Bukit Permata memakan waktu sekitar 7-8 jam.

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

20 Comments

Click here to post a comment