Seni Budaya

7 Alasan Kenapa Sineas Itu Keren

sineas 1 - kabar hiburan - seni berjalan

Seniberjalan.com– Tidak ada kata yang lebih pas buat sineas selain : keren. Dah tau kan sineas itu apa? Ya betul… Sineas itu orang yang ahli dalam teknis pembuatan film, diantaranya seperti sutradara, penata gambar, penata suara, penyunting gambar, penulis skenario, penata artistik, penata kostum dan make up, dll).

Nih 7 alasan kenapa sineas itu keren :

1. Bisa jalan-jalan gratis sekaligus di bayar

Jalan-jalan gratis siapa sih yang gak mau, trus dapet duit pula. Fenomena langka ini hanya bisa dinikmati bagi sineas. Itu karena lokasi shooting yang selalu berpindah-pindah sesuai kebutuhan skenario film. Jadi jangan heran koleksi foto dia di instagram kaya jutawan yang singgah di banyak tempat.

2. Jam kerja yang gak monoton

Sineas tidak punya patokan jam kerja kaya karyawan. Jam kerjanya menyesuaikan callingan shooting. Kadang pergi pagi pulang pagi. Kan antimainstream tuh. Sineas harus pandai menjaga kesehatan, terutama perihal tidur dan makan.

3. Punya penghasilan yang besar

Nih kita belajar ngitung, misal astrada (asisten sutradara) honor per episode 500 ribu nah kebayang gak kalo sinetronnya panjang kaya Tukang Bubur Naik Haji sampe ribuan episode. 500 ribu x 1000 episode, wow angka yang fantastis.

4. Punya karya yang bisa ditonton banyak orang

Ada kepuasan bathin yang cuma bisa dirasakan oleh sineas. Bangga ketika karya film bisa ditonton orang banyak, terlebih pesan dari film itu bisa sampai ke penonton. Trus memotivasi  dan menginspirasi pula misal Film Laskar Pelangi.

5. Gudangnya ide-ide kreatif

Apapun yang dialami pasti akan dikaitkan sama film, di situlah ide-ide gila muncul. Bayangin aja kamu lagi jalan bareng trus di jalan kalian ketemu kantong kresek. Nah dari kantong kresek itu imajinasi dia mulai bekerja, dia bakal mati-matian jadiin ide itu jadi sebuah karya film.

6. Sineas bisa jadi guru saat nonton bioskop
Nonton film sama sineas pasti bakal seru. Detail adegan bakalan di komentarin mulai dari akting pemain, angle kamera, cuting editing, ilustrasi musik,  banyak dah pokoknya. Nah kamu pun bisa nanya-nanya ke dia tentang bayangan proses pembuatan filmnya. Secara anak film ya kan dah tau teknis-teknis shooting.

7. Punya pergaulan dan wawasan pun luas

Bagian terindah dari bekerja di dunia film adalah kamu punya banyak teman. Gak cuma kenal artis saja, tapi semua orang mulai dari pejabat, polisi, guru, dokter, preman, sampai anak jalanan. Selain pergaulan yang luas wawasan sineas juga pasti luas. Sineas dituntut tau semua (semacam google gitu), kan gak lucu jika ada adegan operasi trus si dokter pake jas warna putih harusnya ganti baju khusus operasi yang steril donk. Apalagi si dokter keluar masuk ruang operasi cuma buat nemuin keluarga pasien. Hehe kaya macam adegan di sinetron-sinetron Indonesia aja terlihat konyol. #ehhh

keren kan sineas ?

sineas 2 - kabar hiburan -seni berjalansineas 3 - kabar hiburan - seni berjalansineas 4 - kabar hiburan - seni berjalansineas 5 - kabar hiburan - seni berjalan