Seni Kuliner

Ada Budhe Maryati di Pasar Beringharjo Jogja

pasar beringharjo 1 - kabar wisata - seni berjalan
Budhe Maryati

Seniberjalan– Siapa tak tau Pasar Beringharjo? Hampir semua tau. Lalu siapa yang tau Budhe Maryati?

Pasar Beringharjo yang dikenal sebagai salah satu pasar terindah di pulau Jawa, semakin lengkap dengan kehadiran Budhe Maryati.

Budhe adalah penjual pecel di depan pintu masuk Pasar Beringharjo, beliau berjualan dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Selain jual pecel juga ada menu lain yaitu gudeg, makanan khas Jogja.

“Silahkan, mau makan apa?” tawaran ramah dari Budhe.

Nah siang itu saya menjatuhkan pilihan sama pecel. Pecel buatan budhe enak loh, bumbu sambel kacangnya tiada dua. Ada sensasi tersendiri makan ditengah keramaian, lalu lalang orang lewat dan suara sautan satu sama lain yang gaduh menambah kenikmatan pecelnya Budhe.

pasar beringharjo 2 - kabar wisata - seni berjalan
Pecel

Pecel satu porsi ditambah sate telor 1 biji, sate usus 1 biji, gorengan bakwan dan minum teh angget manis dihargai 25ribu. Murah bukan?

Mencicipi pecel budhe seperti belajar arti keramahan dan kejujuran orang Indonesia yang sesungguhnya. Cobain yuk?

Sekilas tentang Pasar Beringharjo

pasar beringharjo 3 - kabar wisata - seni berjalan
Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomer 16, Yogyakarta. Beringharjo artinya yaitu hutan pohon beringin. Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional tertua yang berkaitan erat dengan Kraton Jogja.

Di pasar ini tersedia banyak barang antara lain batik, jamu tradisional, jajanan pasar, buah-buahan, aksesoris, kerajinan logam, barang antik (seperti uang kuno, mesin ketik, kaset) dll.

Aru

About the author

Aru & Mero

2 Comments

Click here to post a comment