Seni Hiburan

Belanja Sayuran Hidroponik di 3 Leaves Farm

Seniberjalan.com- Budidaya hidroponik dianggap cocok diterapkan untuk pertanian masyarakat kota (Urban Farming). Hidroponik menepis mindset bahwa bertani tak selamanya kotor karena media tanam yang menggunakan tanah ternyata dapat diganti dengan air.

Budidaya hidroponik sudah lazim dikembangkan di Indonesia termasuk di Batam. Jenis tanaman yang menggunakan metode ini adalah jenis holtikulura seperti sayur-sayuran, buah dan bunga.

Bertani hidroponik cukup sederhana dan praktis. Dapat tumbuh di mana pun asal unsur haranya terpenuhi. Sehingga sangat direkomendasikan untuk masyarakat modern yang ingin menerapkan gaya hidup sehat sekaligus dapat menyalurkan hobi bercocok tanam di rumah.

Di Batam, tak sulit menemukan kebun hidroponik. Kawasan Temiang, Sekupang menjadi salah satu lokasi budidaya hidroponik. Satu kebun hidroponik yang cukup dikenal di kawasan ini adalah 3 Leaves Farm. Tepatnya berlokasi di Kavling Plus Temiang, Sekupang, Batam.

3 Leaves Farm merupakan kebun budidaya hidroponik dan organik yang menggunakan greenhouse secara komersil. Luas lahannya berkisar 1.2 ha. Tapi belum seluruh lahan dimanfaatkan sebagai media tanam.

Kebun ini memang belum diwacanakan sebagai pusat agro wisata di Batam meskipun sudah dikembangkan sejak tahun 2017. Namun, kebun 3 Leaves Farm terbuka untuk dikunjungi.

Datang langsung membeli sayur-mayur dari kebunnya tentunya sangat menyenangkan. Apalagi petani 3 Leaves Farm akan memetikkan sayur-mayur yang masih segar dan aman dikonsumsi karena pupuk dan pembasmi hama sayurnya menggunakan bahan organik.

“Terutama sayuran organik, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker dan anak berkebutuhan khusus, karena lebih aman tanpa pestisida,” Kata Admin 3 Leaves Farm, Dwi.

Jenis sayuran hidroponik yang dibudidayakan di sini di antaranya kale, butterhead, mint, basil, pak choy dan lainnya. Sedangkan sayuran organiknya seperti selada, kangkung, bayam, kailan, pak choy dan kale. Kisaran produksi sayuran hidroponik dan organik di 3 Leaves Farm mencapai 50 kg sehari.

Selain menjual sayur-mayur yang dipetik langsung dari kebunnya, menariknya, kebun yang dikelola oleh PT. Kebun Hijau Agrindo ini juga menyediakan paket agro edukasi atau studi tour pertanian untuk pengunjung. Anda berkesempatan belajar cara bertani hidroponik dan organik yang dipandu langsung oleh Kepala Kebun. Untuk paket edukasi pengunjung tentunya dikenakan biaya edukasi.

Menurut Kepala Kebun 3Leaves Fam, Cecep K. selama tour pengunjung akan diajarkan cara bertani terpadu mulai dari pengenalan jenis-jenis tanaman, media tanam, cara penanaman, mengolah pupuk hingga ke cara branding.

“Kami sekaligus mengajarkan cara membuat pupuk organik (bokasi) yakni pupuk organik yang diolah dengan cara difermentasi. Pengunjung nantinya bisa membuat pupuk organik sendiri di rumah,” kata Cecep.

Cecep mengatakan, umumnya pengunjung yang datang untuk edukasi adalah para pelajar, mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Sementara turis, terutama dari Singapura sudah memilih 3 Leaves Fam sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Kebun 3 Leave Farm tentunya juga direkomendasikan untuk para keluarga.