Seni Wisata

OYO Hotel Batam: Murah tapi Tidak Murahan

Membayar Rp140 ribu untuk menginap di OYO Hotel Batam, menurut saya tidaklah rugi. Fasilitas dan layanan yang diberikan di OYO Hotel sudah sepadan dengan harganya.

Seniberjalan.com – Saya telah mencoba menginap dijejaring hotel manchise (management and franchise) asal India ini. Saya menginap di OYO Hotel yang ada di Batam tepatnya di Apartemen Baloi View. Hotel ini tak jauh dari rumah, sekitar 15 menit saja.

Karena penasaran, akhirnya saya berkesempatan me-review OYO Hotel di Batam. Saya ingin mencoba membandingkan pengalaman menginap di Hotel OYO dan Hotel RedDoorz.

RedDoorz Hotels maupun OYO Hotels sama-sama jejaring hotel digital yang menawarkan harga kamar murah. Bukan tidak mungkin, kita menemukan kamar dengan harga di bawah Rp100 ribu.

Namun, perlu dipahami bahwa fasilitas dan harga di setiap OYO Hotels tidak sama. Mungkin kita bisa mendapatkan kamar seharga Rp150 ribu dengan fasilitas kamar tidur yang luas dan tambahan breakfast.

Yang pasti sebelum memesan kita perlu jeli mempertimbangkan fasilitasnya, dengan melihat referensi terlebih dulu. Saya sendiri memutuskan menginap di Apartemen Baloi View karena menurut saya apartemen ini terlihat cukup bagus.

Saya sering melewati hotel ini tiap kali pulang ke rumah. Hotel bertingkat ini  sangat strategis atau mudah dijangkau. Persis berlokasi di depan jalan raya Baloi-Batam Center. Halaman parkirannya cukup luas, jadi lebih mudah memarkirkan kendaraan.

Saya menginap di OYO Apartemen Baloi View ini pada waktu weekdays. Saya datang sekitar pukul 12.00 WIB dan saya pikir bisa langsung check in karena sudah dibooking terlebih dulu.

Tapi hari itu resepsionis hotel mengatakan, pengunjung hotel sedang padat. Ada kontingen event olah raga yang ramai menginap di sini.

Sebenarnya kita bisa check in di jam segitu kalau pengunjung lagi sepi. Tapi karena ramai, saya harus menunggu hingga pukul 14.00 WIB.

Saya mendapatkan kamar di lantai empat. Untung saja, Apartemen Baloi View ini punya fasilitas lift, kalau tidak saya akan tergopoh-gopoh menaiki tangga seperti pengalaman menginap di hotel RedDoorz – Mayang Sari Jambi bulan lalu.

Fasilitas Hotel OYO sesuai standar

Selain dipermudah dengan pemasaran melalui online, hotel-hotel budjet di bawah OYO Hotel juga mengikuti standar fasilitas yang ditetapkan Hotel OYO. Sehingga fasilitas dan layanan hotel budjet semakin lebih baik.

Kamar

Menurut saya kamar Apartemen Baloi View cukup luas. Kesan pertama masuk ke kamar adalah suasana rapi dan bersih.

Saya mendapatkan kamar berjendela dengan posisi di belakang hotel. Sebenarnya ada kamar yang punya beranda. Tampaknya asik. Tapi mungkin harganya akan berbeda jika memilih kamar itu.

Kamar Apartemen Baloi View dilengkapi dengan fasilitas AC, TV, meja kecil, cermin rias dan ranjang double bed. Disediakan pula dua botol air mineral di meja.

Tempat tidur

Saya sempat berpikiran bahwa tempat tidurnya tidak akan nyaman. Ternyata saya salah, justru ranjang dan selimutnya seperti fasilitas di hotel di atas harga Rp500 ribu.

Ukuran doube bed-nya juga memenuhi standar. Di samping tempat tidur sudah disedikan colokan untuk charging hp.

Bagi saya, untuk tempat tidur dan selimutnya harus bersih. Jangan sampai sibuk menggaruk badan karena geli dengan kasur dan selimutnya.

Kamar mandi

Setelah tempat tidur, kamar mandi adalah fasilitas terpenting yang dipertimbangkan. Kamar mandi apartemen ini tidak membuat saya sesak. Artinya cukup luas untuk ukuran hotel budjet.

Toiletnya bersih. Ada wastafel dan cermin. Alat-alat mandi, seperti sabun,  shampo, handuk dan sikat gigi juga sudah disediakan.

Dan yang paling menyenangkan dari fasilitas kamar mandi di OYO Hotel ini adalah ketersediaan shower dan air hangat. Jadi, benar-benar gak bakal rugi kan menginap di OYO Hotel satu ini?

Tambahan lain
saya tidak menyangka sekelas hotel budjet seperti OYO Hotel menyediakan sandal hotel dan kantong plastik baju kotor. Biasanya hanya ditemukan di hotel harga premium.

Breakfast

Sudah murah, hotel ini masih bisa menambahkan breakfast untuk para tamunya meskipun berupa teh, kopi dan roti bakar. Cukup mengganjal lapar di pagi hari.

 

**Informasi OYO Hotels di Batam**

Kontak: Admin OYO: 0813 2529 5121

 

@mero

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

10 Comments

Click here to post a comment

Seni Hiburan

Seniberjalan Channel

Facebook