Seni Hiburan

Kelong Almira, Spot Mancing dan Penginapan di Jembatan 5

Kelong Almira/seniberjalan.com
Kelong Almira/seniberjalan.com

seniberjalan.com _ Kelong Almira sering dikunjungi wisatawan Vietnam tiap kali mereka datang ke Camp Vietnam Batam. Minimal dua kali dalam setahun mereka menginap di Kelong Almira.

Dari namanya, Kelong Almira lebih familiar sebagai lokasi memancing. Akan tetapi, kelong yang sudah dibangun sejak 8 tahun lalu ini juga menjadi salah satu penginapan favorit wisatawan.

Puji, salah seorang pengelola di sana mengatakan, Kelong Almira menyediakan 12 kamar penginapan. Per kamar disewakan Rp500 ribu. Kamar tersebut memuat twin bed plus AC.

“Harga sewa kamar sudah termasuk sarapan,” kata Puji.

penginapan kelong almira/seniberjalan.com
penginapan kelong almira/seniberjalan.com

Dengan fasilitas kamar yang masih terbatas, pada momen tertentu misalnya waktu liburan, cukup sulit mendapatkan kamar yang ready karena lebih dulu dibooking wisatawan.

Namun, penginapan di Almira tidak dikhususkan untuk wisatawan tetapi juga warga Indonesia hingga pemancing yang berminat bermalam.

Menurut Puji para wisatawan tampaknya menyukai tempat tersebut karena mereka sekaligus dapat memancing di kelong.

Selain itu, di Almira, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di depan penginapan. Dengan lokasi yang jauh dari keramaian, menginap di Almira lebih terasa damai.

 

Memancing di Kelong Almira

kelong almira/seniberjalan.com

Di kalangan angler Batam, Kelong Almira lebih dikenal sebagai lokasi memancing. Tempat ini menyediakan area memancing di pelantar, di kelong apung hingga memancing ke tengah laut.

Namun, Puji mengatakan cukup sulit menemukan tekong pompong (pengemudi perahu) untuk melayani permintaan mancing ke tengah laut. Padahal, Almira menawarkan memancing hingga ke Pulau Petong.

“Bisa saja memancing ke tengah laut, paling jauh kami menawarkan ke Pulau Petong. Kalau yang dekat saja Rp600 ribu kalau ke Petong Rp2,5 juta,” kata dia.

Sementara untuk memancing di sekitar kelong hanya dikenakan Rp50 ribu saja. Menurut Puji cukup banyak pemancing yang datang ke Almira. Sampai-sampai Ia tidak bisa meng-handle bila ada yang datang berombongan.

kelong almira/seniberjalan.com
kelong almira/seniberjalan.com

“Kadang saya tak bisa pantau, kadang luput dari pengamatan saya sampai ada yang gak bayar,” kata Puji mengungkapkan.

Memancing di Almira terkadang juga untung-untungan. Pada saat pasang, pemancing bisa saja mendapatkan banyak tangkapan. Biasanya jenis ikan di sini seperti ikan merah, ikan timun atau spanis snapper, barakuda, tengiri dan jenis ikan lainnya.

Memancing di Amira, sebaiknya membawa bekal dari rumah. Meskipun tersedia warung, Almira hanya menyediakan makanan ringan seperti mie goreng dan mie rebus.

Kelong Almira tidak hanya asik sebagai tempat memancing tetapi juga sebagai tempat bersantai dan merayakan acara kebersamaan.

Di depan kelong disediakan beranda dengan kursi-kursi yang nyaman untuk para tamu. Untuk Anda yang ingin menggelar barbeque, Almira menyediakan alat pemanggang untuk disewakan.

 

 

 

 

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

5 Comments

Click here to post a comment

Seni Hiburan

Seniberjalan Channel

Facebook