Seni Wisata

Memantai Hemat Ala Resort di Lagoi Bay Bintan

seniberjalan.com__Mendengar pulau Bintan, mungkin yang terbayang adalah pantai dengan resort-resort mewahnya. Memang, Pulau Bintan dikenal sebagai kawasan pantai berkelas resort. Pantai-pantai eklusif tersebut menjadi daya tarik wisatawan terlebih wisatawan mancanegara. Tak heran, ditemui banyak turis asing yang berdatangan terutama wisatawan dari Singapura dan Malaysia.
Lagoi Bay dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai Teluk Lagoi. Kawasan ini berhadapan dengan laut Cina Selatan dan sebagai wilayah administratif di desa Sebong Lagoi kecamatan Teluk Sebong, Bintan. Diantara pantai di Lagoi umumnya dikelola secara privat dan sebaliknya Anda juga dapat menemukan pantai sekelas resort yang terbuka untuk umum. Artinya tidak semua pantai diberlakukan eklusif.
Satu diantaranya pantai berkelas resort yang dapat disambangi adalah kawasan wisata Lagoi, tepatnya di Pantai Lagoi Bay, Bintan. Selain terbuka untuk umum, masuk ke kawasan ini pun gratis. Sehingga warga lokal yang ingin menikmati pantai ini, berkesempatan masuk. Dibukanya tempat ini secara gratis adalah satu cara menikmati liburan hemat sehari di Bintan, kecuali Anda memutuskan untuk menginap.
Pantai Lagoi Bay termasuk pantai favorit di Bintan. Kerap sekali jasa wisata yang menyediakan paket wisata dengan menyertakan kunjungan ke tempat ini. Pantainya bersih, terawat dan tentunya dikelola dengan baik oleh resort setempat. Anda akan menjumpai petugas-petugas kebersihan yang berada di dekat pantai, kebersihan pantai ini memang diperhatikan.
Pantai Lagoi Bay berdurasi lebih dari 1 jam dari Kota Tanjungpinang dan menjadi daerah pilihan wisata memantai di Kepri. Pemandangan pantai yang disuguhkan mampu memberi rasa betah. Seperti pantai-pantai Bintan kebanyakan, Pantai Lagoi Bay memiliki pasir yang putih dengan air laut yang berwarna toska. Bila datang saat terik, gradasi laut begitu jelas terlihat. Memberi pesona landscape yang menarik mata.
Air laut Pantai Lagoi Bay terbilang beriak. Memiliki bidang pantai yang cukup lebar dan garis pantai yang memanpanjang. Pengunjung lebih leluasa bermain atau berjalan-jalan di pasir yang terbentang luas. Hal yang tak ingin dilewatkan pengunjung di sini adalah berenang di laut. Terbilang aman berenang di sini karena Pantai Lagoi Bay landai. Terlihat banyak anak-anak yang leluasa berenang di tepian pantai.
Memilih duduk-duduk di bibir pantai juga terasa menyejukkan. Barisan pohon kelapa dan pohon pinus segera memberikan keteduhan. Anda tinggal pilih membawa tikar sendiri, duduk di pasir atau menyewa fasilitas bersantai yang disediakan resort setempat.
Misalnya Pengelola pantai menyediakan Bean Bag, seperti tempat selonjoran berupa bantal di pinggir pantai. Bean Bag disewakan Rp 20 ribu/orang tanpa dibatasi waktu. Cukup nyaman menggunakan Bean Bag untuk tidur-tiduran sejenak.
Nikmati Pantai dengan berbagai momen
Lokasi pantai ini menawarkan landscape nan indah untuk mengabadi momen kebersamaan. Berfoto dengan landscape pantai yang landai dan latarbelakang laut menjadi momen terbaik yang ingin diambil pengunjung. Selain spot pantai, Lagoi Bay juga menyediakan area taman yang cukup rapi. Diantara pengunjung tampak senang menghabiskan waktu dengan duduk-duduk di taman. Rumput taman tertata dengan baik dan berpola. Menghijau diantara kolam-kolam kecil sebagai penghiasnya.
Sebelum masuk ke kawasan pantai, kawasan wisata Lagoi Bay ini memang sudah dikelilingi dengan taman-taman dan teras berlantai kayu. Taman ini juga dilengkapi dengan payung warna-warni dan pondok. Pengunjung dapat menikmati suasana liburan seperti berlibur diresort yang mewah.
Satu spot lainnya yang sering dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto adalah spot love lock. Merupakan sebuah simbol tanda cinta yang dipasang di depan pantai. Love lock disemat banyak gembok cinta sebagai bentuk komitmen dan harapan cinta.
Jika ingin menikmati kawasan ini dengan santai, apalagi bila datang bersama keluarga, Ada baiknya menyewa resort yang ada dikawasan pantai ini. Cara lain untuk menikmati momen di Pantai Lagoi Bay adalah memanfaatkan fasilitas seperti sewa pancingan, menyelam, jetsky dan snorkeling.
Fasilitas pun mendukung
Dibalik keindahan pantai yang begitu memikat, kawasan Lagoi Bay juga menyetarakan fasilitas yang memudahkan pengunjung, terlebih untuk para wisatawan mancanegara. Karena kenyamanan fasilitas yang diberikan tentunya akan menjadikan tempat ini daerah tujuan berlibur terbaik yang berkesan bagi wisatawan dan dapat direkomendasikan.
Sebagai kawasan terpadu, kawasan wisata Lagoi Bay hadir dengan berbagai fasilitas yang memanjakan Anda. Tersedia fasilitas kamar mandi, toilet dan lahan parkir yang cukup luas. Bila terasa lapar dan haus, kawasan pantai tersedia restoran, rumah makan dan beberapa minimarket hingga Plaza. Fasilitas ini tentunya mempermudah para pengunjung untuk berbelanja maupun menemukan kuliner yang mereka suka.
Untuk makanan siang, pengunjung bisa mampir ke cafe terdekat atau mencoba masakan dengan harga pas di kantong seperti warung nasi padang. Bila ingin membeli asesoris di sini tersedia toko cendramata. Satu Plaza yang dapat dikunjungi  adalah Plaza Lagoi atau lebih dikenal dengan nama Lagoi Bay Mall. Mini Mall ini menyediakan tempat belanja, tempat makan dan ngopi.
Pada hari biasa suasananya memang tampak sepi karena tidak begitu banyak tenan yang bergabung karena pangsa pasar yang dikejar hanya untuk turis-turis Lagoi. Sedangkan untuk kebutuhan penginapan, tersedia resort yang cukup nyaman dengan fasilitas seperti lapangan golf, kolam renang, dan spa. Tentu disesuaikan dengan budjet Anda.
Di sekitar pantai tersedia penginapan seperti Grand Lagoi. Memang untuk resort di sekitar kawasan wisata ini terbilang mahal. Rata-rata untuk resort ditawarkan di atas Rp 1 juta. Namun, berbagai tipe penginapan mewah dan privat begitu mudah ditemukan di Bintan seperti Bintan Lagoon Resort, The Sanchaya Bintan, Nirwana Beach Club, Lagoi Bay Villas, Banyan Tree Bintan dan Mayang Sari Resort.Resort-resort ini menyediakan layanan berkelas, fasilitas yang mewah yang dilengkapi dengan kolam berenang. Jika ingin mengambil penginapan di depan Lagoi Bay, tepat di seberang Plaza Lagoi juga berdiri Swiss-Belhotel Lagoi Bay.
Akses
Pantai Lagoi Bay lebih dekat dengan akses Pelabuhan Punggur Batam (roro)-Tanjunguban. Ongkos roro Rp 19.700 per orang. Batam-Tanjunguban memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam demikian pula waktu tempuh dari pelabuhan Tanjung Uban menuju lokasi objek wisata.
Jasa transportasi yang tersedia pada umumnya adalah menyewa mobil travel. Sewa sehari sekitar Rp 500 ribu. Anda tidak hanya diantar ke satu daerah tujuan wisata.
Sedangkan jalur ke dua adalah melalui Tanjungpinang. Masih menggunakan mobil pribadi atau transportasi umum seperti taksi atau rental mobil. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1.5 jam dari Tanjungpinang atau harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari Tanjungpinang.
Sedangkan Anda yang berada di luar Kepri, sekarang sudah tersedia penerbangan dari Jakarta-Tanjungpinang (Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang)
Tip berwisata ke Lagoi
-sebaiknya menggunakan jasa travel, mengingat belum tersedia moda transportasi umum yang strategis ke lokasi wisata
-bila sekedar berkunjung sehari, datanglah pada pagi hari sehingga Anda dapat menyinggahi banyak objek wisata dalam waktu yang cukup panjang
-bawalah topi atau pelindung wajah mengingat cuaca Bintan sangat terik di  tengah hari

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

4 Comments

Click here to post a comment