Seni Wisata

Memantai Hemat di Trikora

 

seniberjalan.com__Pantai Trikora dikenal sebagai primadonanya Bintan. Saat ini, Trikora sebagai destinasi wisata andalan di Kepulauan Riau dan sebagai magnet mendatangkan kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Keindahan landscape Pantai Trikora layak diperbincangkan. Tak ayal, banyak investor asing/lokal yang tertarik membangun resort di sekitar pantai.

Bila ber-budget terbatas, menikmati Pantai Trikora tak mesti menyewa penginapan di resort. Spot memantai terbentang dari Pantai Trikora 1 hingga ke Trikora 4. Tinggal pilih tempat sesuai view yang pas untuk bersantai. Diantara pantai yang bisa direkomendasikan seperti Pantai Trikora 3 hingga Trikora 4 patut dicoba.

Pantai Trikora 3 termasuk pantai yang ramai dikunjungi pada waktu weekend dan musim liburan. Datang pada hari biasa sepertinya lebih nyaman karena sepi pengunjung. Hampir disepanjang pantai Trikora tersedia fasilitas untuk bersantai, seperti pondok-pondok kayu beratap jerami. Begitu pula di Trikora 3, berjejer pondok-pondok dari sekelas resort hingga pondok-pondok sederhana yang di bangun masyarakat setempat.

Untuk budget terbatas, sewa saja pondok-pondok yang disediakan warga setempat. Pondok-pondok ini disewakan mulai harga Rp 30 ribu per pondok. Umumnya pondok-pondok itu di bangun menghadap pantai. Pemandangan laut bergradasi toska beserta hamparan pasir putih terbentang luas, siap memanjakan mata. Terkadang hamparan pasir membentuk relief-relief yang unik.

Pada tempat-tempat tertentu, di depan pantai Anda bisa saja menemukan pemandangan perahu-perahu nelayan yang menepi. Perairan Bintan juga dikenal dengan pemandangan rumah-rumah kelong di tengah laut dan potret kehidupan suku laut dengan segala aktivitas baharinya.

pondok Trikora

 

Memilih Menginap di Pantai Trikora

Memantai dalam waktu singkat akan memberi sensasi berbeda ketimbang memutuskan menginap di Trikora. Bila sudah mempersiapkan budget menginap, berbagai hotel dan resort siap menampung kapasitas 1.000 kamar di sepanjang pantai Trikora. Mulai dari harga eksekutif hingga harga miring dapat disesuaikan dengan budget Anda. Tersedia harga sewa resort mulai Rp 500 ribu permalam.

Pilihan menginap lain dengan harga yang lebih terjangkau adalah dengan berkemah di Trikora. Rasanya memilih Trikora sebagai tempat berkemah cukuplah tepat. Namun, perlengkapan tenda seharusnya sudah dipersiapkan sendiri.

Saat ini kondisi cuaca Trikora cukup bersahabat untuk bermalam.Pada pagi hari, udara Pantai Trikora tergolong hangat, hanya sedikit berangin dikala malam. Memantai sambil menginap di sini cukup memberikan ketenangan karena air lautnya tidak begitu berombak. Apalagi saat malam, pada waktu air laut surut dan sedikit menjauh dari bibir pantai, suasananya jauh lebih hening.

kelong

Tempat-tempat berkemah yang bisa dipilih biasanya berdekatan dengan rumah masyarakat setempat. Sebagai pendatang, sebaiknya meminta izin terlebih dulu pada warga terdekat sebelum membangun tenda dan bermalam. Sebaliknya, bila memilih dipinggiran pantai yang masuk ke kawasan wisata yang dikelola, Anda akan dikenakan biaya. Dengan membayar Rp 30 ribu saja, Anda sudah mendapat izin membangun tenda dan bermalam.

Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan menggunakan toilet dan menjadi lebih aman untuk menginap. Pada saat menginap bawalah lampu penerang sendiri karena di sini minim cahaya. Bawalah lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk. Menjelang malam hari, binatang-binatang kecil yang mendiami pasir terkadang juga muncul kepermukaan. Siapkan stok makanan sendiri saat bermalam di Trikora karena jarang sekali menemukan warung makan yang buka pada malam hari.
Pemandang Sunrise di pagi hari

sunrise di depan tenda

 

Keberuntungan lain yang didapat saat menginap di Pantai Trikora adalah sungguhan sunrise di pagi hari. Kemunculan mentari pagi di sini begitu jelas dan cukup terlihat sempurna pada saat cuaca cerah. Di depan tendapun, Anda bisa menyaksikan langsung suguhan fenomena alam ini.

Siapkan kamera. Sayang sekali bila tidak mengabadikan detik-detik sunrise mewarnai landscape perairan Trikora dalam potret yang indah. Rumah-rumah kelong pun ikut menjadi aksesoris tambahan yang mempercantikan bidikan.

Para nelayan juga nampak beraktivitas, menggerakkan perahu mereka ke tengah laut. Saat memutuskan berjalan ke pantai, sebaiknya berhati-hati agar tidak digigit Agas. Binatang ini akan memberikan efek gatal yang cukup lama bila mengigit bagian tubuh. Demikianpun saat memutuskan untuk berenang di pantai, pastikan Anda terhindar dari binatang laut yang menganggu. Menjelang siang, Anda dapat memanfaatkan waktu untuk mencoba kegiatan lain. Misalnya berkunjung ke pulau-pulau yang tampak di seberang pantai.

Untuk ke sana, biasanya bisa menyewa perahu nelayan. Dibeberapa pulau terdekat terkadang juga tersedia spot untuk bersnokeling. Namun, belum diketahui kisaran harga yang ditawarkan.
akses
Dari ibukota Kepulauan Riau, Tanjungpinang, Trikora dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1.5 jam. Sedangkan bila mengambil jalur Pelabuhan Tanjung Uban-Trikora, jarak tempuhnya tak jauh berberbeda.

Saat ini kendaraan umum menuju Pantai Trikora belum tersedia. Sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri atau bila menggunakan jasa wisata, Anda akan dilayani hingga antar jemput. Akses jalan Tanjunguban-Trikora cukup lancar.