Seni Wisata

Menikmati Pemandangan Gunung Bintan di Poyotomo

 

seniberjalan.com__Berwisata saat musim hujan ke Bintan memang kurang mengasikkan. Tapi karena terlanjur berniat datang ke daerah tujuan, hujan-hujan pun tetap jalan. Daerah tujuan kali ini adalah untuk mendapatkan pemandangan Gunung Bintan.

Sebenarnya Gunung Bintan dengan mudah dapat ditemukan bila Anda melewati jalan lintas Tanjungpinang. Tapi kita hanya bisa menyaksikan pemandangannya sejenak di perjalanan kecuali memutuskan berhenti. Saat ini ada satu tempat favorit di Bintan yang menyediakan pemandangan Gunung Bintan dengan utuh. Anda bisa menikmati pemandangan itu sambil bersantai, kemping bahkan dengan memancing!

Cobalah datang ke Poyotomo. Tempat rekreasi yang saat ini gencar dipromosikan di Kabupaten Bintan. Sebenarnya Poyotomo adalah kawasan pemancingan. Tapi melihat tempatnya yang nyaman, bersih, hijau dan suguhan Gunung Bintan sebagai tambahan, rasanya kurang pas bila hanya difungsikan sebagai tempat memancing saja. Pengelola akhirnya menambahkan beberapa fasilitas rekreasi.

Keasrian tempat ini sudah dapat dirasakan ketika baru masuk. Tempat pemancingan yang tertata rapi dengan taman bunga berwarna dan rerumputan yang terpola. Petugas-petugas taman juga terlihat bersiaga membersihkan taman.  Hawa sejuk menerpa wajah, tambah dingin dengan kondisi Bintan yang masih basah disiram hujan.

Setelah membayar tiket masuk Rp 10 ribu per orang, kita sudah bisa berjalan-jalan dan menikmati pemandangan di Poyotomo. Bila sudah mendekap ke arah kolam, dari sinilah kita dapat melihat penampakan Gunung Bintan.

Seolah-olah tempat ini sudah mengambil posisi yang pas agar menghadap langsung ke Gunung Bintan. Memang Gunung Bintan tidak begitu tinggi tetapi sebagai satu-satunya dataran paling tinggi di Bintan, Gunung Bintan layaknya berdiri megah sendiri. Karena musim hujan, Gunung Bintan tertutup kabut namun tetap saja menjadi suguhan yang indah untuk dinikmati. Pengunjung pastinya tidak akan melewatkan berfoto dengan berlatar Gunung itu di tanam Poyotomo.

Pemandangan tersebut adalah nilai plus yang diberikan Poyotomo untuk pengunjung sambil berekreasi atau memancing di Poyotomo. Tempat ini cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyatu dengan alam, karena selain adem suasana juga menenangkan. Apalagi membawa keluarga, terbilang aman dan nyaman.

 

Bukan Sekedar Tempat Pemancingan

Bagi pecinta hobi olahraga kail tempat ini paling asik untuk menyalurkan hobi karena disediakan fasilitas yang memadai untuk pemancing. Bila Anda tidak membawa joran, di depan kolam pancingan sudah disediakan kios untuk menyewa alat-alat pancingan. Satu joran disewakan Rp 30 ribu. Anda dapat memancing sepuasnya dan leluasa memilih tempat di depan kolam dengan kedalaman 3 m tersebut.

Pengunjung tidak perlu kuatir bila tidak nyaman dengan panas atau hujan saat memancing. Pengelola Poyotomo sudah membangun Kanopi hampir di sepanjang pinggiran kolam dan tempat duduk-duduk. Di depannya juga sudah dipasang paralon kecil untuk mengaitkan pancingan. Sepertinya akan sangat nyaman memancing di sini meskipun harus berlama-lama. Bila datang pada akhir minggu, pihak pengelola menyemarakkan suasana dengan mengadakan lomba memancing di sini. Ikan hasil tangkapan dapat Anda bawa pulang, namun tetap membayar sesuai harga per kilonya.

Sedangkan jika tidak berniat untuk mengambil aktivitas tersebut, bersantai saja di sini juga menyenangkan. Hampir di sepanjang kolam disediakan pondok-pondok kayu beratap jerami sambil berleyeh-leyeh. Menikmati fasilitas ini Anda harus rela mengeluarkan kocek dengan harga sewa per pondok Rp 30 ribu. Pondok ini tentunya akan sangat membantu bila pengunjung datang beramai-ramai bersama keluarga, sehingga punya tempat untuk beristirahat dan makan-makan bersama. Anda dapat memilih lokasi pondok berdekatan dengan kolam atau sedikit ke tengah di area taman.

Beda lagi kalau Anda mengambil fasilitas berkemah atau kemping. Meskipun awalnya tempat ini bukanlah tempat kemping, tapi pihak pengelola sudah menyediakan tempat-tempat kemping di sekitar taman. Paling favorit adalah lokasi kemping yang langsung menghadap ke Gunung Bintan. Dimana saat terbangun, Anda langsung disuguhkan dengan pemandangan Gunung Bintan. Wajar pada perayaan tahun baru yang lalu Poyotomo menjadi padat dengan tenda-tenda karena memang menjadi tempat yang pas untuk merayakan tahun baru sambil kemping.

Jika Anda memutuskan menginap atau kemping di sini sebaiknya datanglah pada hari biasa karena menurut petugas, Poyotomo pada waktu weekend yang datang berkemah di Poyotomo cukup ramai. Apalagi Poyotomo begitu mudah mendapatkan tenda jika tidak berniat pulang. Di kios yang sama untuk menyewa pancingan, Anda dapat menyewa tenda sesuai kebutuhan. Untuk perorangan mungkin bisa menyewa tenda ukuran 1-3 orang saja dengan harga Rp 50 ribu per malam. Tenda sudah termasuk disediakan sleeping bag dan tikar.

Untuk rombongan, disediakan tenda besar seperti tenda barak yang memuat hingga 15 orang. Harga sewanya Rp 300 ribu. Pastinya cocok untuk pengunjung yang datang bertim atau beramai-ramai. Sebaliknya, jika berencana membawa tenda sendiri juga dibolehkan, Anda cukup membayar uang masuk dan sewa tempat Rp 20 ribu. Berkemah sambil barbeque adalah momen yang tepat dilakukan di Poyotomo. Bila Anda berencana menggunakan api unggun, ada tempat-tempat kemping khusus yang dipilihkan agar lebih aman.

Namun, tidak perlu kuatir bila kemping di Poyotomo minim penerangan. Pada malam hari sudah disediakan penerangan di sekitar area pemancingan. Sedangkan di tenda sudah dilengkapi dengan fasilitas lampu LED.

 

Fasilitas

Kemping dengan membawa bekal sendiri dari rumah tentunya akan sangat membantu mengurangi pengeluaran untuk konsumsi di lokasi. Tapi tidak perlu kuatir bila tidak ada persiapan bekal dari rumah jika ingin berekreasi atau memutuskan menginap di Poyotomo. Tempat pemancingan ini sudah terbilang lengkap. Tersedia kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Misalnya untuk pesanan minuman di mulai dari harga Rp 3 ribu.Kantin di buka hingga pukul 21.00 WIB. Bagi yang camp, pemilik kantin tidak keberatan meminjamkan dapurnya untuk memasak. Selain itu juga di bantu disediakan air panas untuk membuat teh atau menyeduh mie instan.

kantin

Fasilitas lainnya yang disediakan pengelola adalah fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih. Tersedia air bersih dan tisu toilet yang memadai. Selain itu juga disediakan tempat beribadah berupa mushola dan tempat berwudhu yang bersih.

 

Menuju ke sana

Poyotomo berada di daerah Bintan Buyu, Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Bintan atau masuk dari persimpangan menuju Gunung Bintan. Ke Poyotomo dapat ditempuh dari arah Bintan maupun Tanjungpinang. Dari Bintan, Anda tentunya harus menyebrang dari Batam menggunakan transportasi kapal barang atau roro di Punggur menuju Pelabuhan Uban, Bintan. Dari Uban belum tersedia kendaraan umum yang bisa mengantar langsung ke tujuan. Alternatifnya kalau tidak membawa kendaraan sendiri ya menyewa transportasi berupa mobil travel. Sedang jalur ke dua, dari Tanjungpinang. Naik kapal ferry dari Punggur menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Dari sini Anda tetap menyewa kendaraan sendiri menuju Poyotomo. Durasi perjalanan sekitar 45 menit.