Seni Wisata

Pantai Marina, Area Rekreasi Keluarga

seniberjalan.com__Kawasan wisata Marina Water front City Batuaji tetap digemari warga Batam sebagai daerah tujuan wisata keluarga. Pada hari libur, kawasan wisata  ini masih tampak diramaikan warga Batam, terutama di kawasan wisata pantai.

Ada beberapa wahana bermain yang disediakan di sini. Kebanyakan pengunjung yang datang bersama keluarga memanfaatkan wahana air seperti naik perahu bebek yang disewakan pengelola. Untuk berhemat, diantara pengunjung berinisiatif membawa pelampung sendiri. Sedangkan kalangan anak-anak, mengisi waktu dengan berenang dan bermain pasir ditepian pantai. Untungnya tersedia area berpasir sebagai wahana bermain.

Pengunjung yang datang bersama sanak keluarga lebih menyukai berekreasi sambil menggelar tikar dan makan bersama di depan pantai. Begitupun pasangan muda, memilih duduk disederetan pohon rindang sambil menikmati pemandangan di depan mata.

Pantai Marina cukup sejuk dan suguhan pemandangannya lumayan menghibur. Landscape laut terbentang lengkap dengan kesibukan kapal-kapal besar yang standby diperairan. Selain sebagai kawasan wisata, pantai Marina juga berfungsi sebagai tempat kapal-kapal ferry berlabuh. Dulu, kawasan Marina pernah menjadi kawasan yang cukup ramai karena di bangunnya pelabuhan ferry di sana.

Kawasan Marina termasuk kawasan yang strategis, pantainya menghadap Selat Singapura. Saat cuaca cerah, pemandangan skyscraper atau Marina Bay Sand Singapura terkadang dapat terlihat jelas dari pantai Marina. Tak jarang, pantai Marinadijadikan sebagai pilihan tempat merayakan tahun baru, karena pemandangan pesta kembang api Singapura menjadi tontonan dari pantai ini.

Selain itu, Anda juga menemukan resort-resort dan hotel di sekitar Marina karena kawasan wisata yang berlokasi di bagian barat Batam ini dikenal sebagai kawasan yang berdekatan dengan resort-resort mewah. Bagi pelancong yang berasal dari luar Batam dan ingin menginap di sekitar tempat wisata tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan tempat menginap.

 

Menemukan bangunan Bergaya Eropa

Jenuh dengan keramaian pantai, cobalah berjalan-jalan ke arah taman. Tak jauh dari pantai, tersedia area taman yang masih hijau dan tertata cukup rapi. Taman itu diselingi dengan pepohanan pinus. Hawanya yang sejuk, pengunjung memanfaatkan tempat itu untuk berleyeh-leyeh dan berfoto di sekitar taman. Di sekitar taman juga dilengkapi dengan arena permainan anak-anak.

Berbeda suasananya bila Anda mencoba jalan-jalan di luar kawasan pantai atau mencari spot lain yang mungkin terlewatkan di kawasan wisata Marina ini. Di luar kawasan pantai, kita bisa menemukan kawasan bangunan bergaya Eropa.

Tempat ini cukup asik dijadikan sebagai tempat berfoto meskipun kawasannya tidak begitu luas. Ada berbagai bangunan yang masih dihuni dan diantaranya tampak terbengkalai, tertutup semak belukar. Namun, kawasan ini sepertinya masih dikunjungi. Ada beberapa mini bar dan kafe yang masih berjualan di depan pantai.

Di depan kafe ini juga tersedia tempat duduk dan taman bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati suasana pantai. Kawasan gedung bergaya Eropa ini dapat Anda temukan setelah Pantai Marina. Anda harus melewati portal dan pos penjaga. Tempat ini masih terbuka untuk umum.

 

Beragro wisata di kebun Jambu Marina

Satu lagi tempat asik yang perlu Anda datangi di kawasan wisata Marina adalah wisata agro Kebun Jambu Marina. Kebun Jambu Marina masih satu kawasan wisata Marina. Gampang menemukannya, kebun ini berlokasi sebelum Pantai Marina atau setelah pintu masuk kawasan wisata.

Kebun Jambu Marina merupakan kebun yang menjual jambu biji langsung di petik dari kebunnya. Hasil petikan buah itu dapat nikmati di tempat, disajikan dalam bentuk jus buah ataupun di bawa pulang dalam jumlah kiloan.

Syarat masuk ke kebun Jambu Marina cukup membayar Rp 15 ribu plus gratis 1 gelas jus jambu biji yang bisa Anda nikmati sambil berkeliling dan memetik buah di dalam kebun. Perkilo jambu biji di sini jual Rp 25 ribu, baik di petik sendiri maupun yang sudah dipetik penjual.

Kebun Jambu Marina cukup luas atau sekitar 3 ha. Pada umumnya di kebun ini lebih banyak pohon jambu biji. Pengujung yang menyempatkan mampir di kebun tidak hanya dapat memetik buah. Di pintu masuk disediakan spot foto booth dengan frame instagram Jambu Marina.

Fasilitas lain yang disediakan adalah taman bermain. Pengunjung yang datang bersama anak-anak tersedia tempat bermain seperti ayunan dan tempat duduk di depan kebun. Di pintu masuk pengelola juga menyiapkan lesehan dan warung. Pengunjung dapat beristirahat di sana sambil memesan makanan.

Bila Anda tidak berkenan masuk ke kebun untuk memetik buah, Anda cukup membeli buah yang sudah di petik. Kedai buahnya tepat berada di depan kebun. Sebaliknya bila ingin menikmati jus saja, per gelas ditawarkan Rp 9 ribu.
Tip berwisata ke Marina

-Masuk ke kawasan wisata ini pada saat weekend atau libur nasional memang sedikit padat kendaraan. Namun, masih cukup tempat untuk memarkirkan kendaraan. Sebaiknya datanglah pada waktu weekdays.

-Tidak sulit menemukan tempat makan di sini bila Anda tidak membawa bekal. Ada berbagai warung hingga mobil toko. Jajanan ringan begitu mudah didapat. Bila Anda membawa bekal sendiri, tinggal menggelar tikar ditepi pantai atau taman-taman terdekat.

-Anda bisa berinisitif membawa tenda atau hammock bila ingin bersantai lebih lama
-Bawalah tikar karena fasilitas tempat duduk bisa saja dipenuhi saat pantai ini mulai ramai pengunjung.

– Pagi atau menjelang sore lebih pas memantai di sini. Apalagi waktu senja dan cuaca cerah, Anda dapat mengabadikan sunset.

-Pantai Marina cocok menjadi tempat liburan keluarga, terkadang juga menjadi spot favorit bagi calon pengantin untuk sesi foto preweding.

-Sarana dan prasarana bermain di pantai Marina tersedia, seperti sarana olahraga air, disediakan ban pelampung untuk pengunjung. Anda harus berhati-hati, apalagi yang membawa anak-anak untuk berenang, tidak ada petugas khusus yang memantau.
Menuju ke sana

Marina Water Front City berada di jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Untuk sampai ke pantai ini, membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Batam Center. Belum tersedia angkutan umum khusus menuju pantai ini, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, sewaan atau taxi. Biaya masuk ke Pantai Marina Rp 10 ribu perorang.