Seni Wisata

Review Pantai Reviola, Pantai Terbaru Di Kawasan Barelang

foto: seniberjalan.com

seniberjalan.com – Selang beberapa hari berkunjung ke Pantai Tegar Bahari, di Barelang Batam, saya memutuskan berkunjung ke pantai tetangganya.

Sebelum dibenahi menjadi tempat wisata, saya tahu di sebelah pantai Tegar Bahari yang dulunya bernama Tegar Putri ada pantai lain yang belum bertuan.

Itulah dia, Reviola. Usianya baru 7 bulan sejak bertuan dan dibenahi sebagai tempat wisata.

Kesan pertama saat saya masuk ke Reviola adalah pantainya berbidang lebih luas dibandingkan Pantai Tegar Bahari.

foto: seniberjalan.com

Diperkirakan memiliki panjang 700 meter atau dua kali panjang Tegar Bahari, seperti yang diperkirakan oleh petugas pantai tersebut.

Selain panjang, Reviola juga memiliki bibir pantai yang lebar. Orang-orang bisa berlarian ke sana ke mari, bermain leluasa dan berolahraga beramai-ramai seperti bermain voli.

Saya pun urung niat mau mengitari pantai ini dari unjung ke ujung. Padahal saya melihat ada yang menggelar tenda di ujung pantai.

Saya berjalan ke depan, menginjak air laut tapi tak ingin basah karena saya mengenakan sepatu.

Baca juga: Pantai Tegar Bahari/Tegar Putri

Saya sedang tak mood untuk bersuka ria dengan Reviola. Yang saya kerjakan adalah mengamati pantai itu sesekali memoto tiap sudutnya.

Lalu memutuskan duduk di bangku kayu. Di depan saya ada sebuah ayunan kayu, sempat saya coba.

foto; seniberjalan.com

Namun, sekelompok orang di belakamg saya tampaknya menunggu giliran untuk berfoto di ayunan itu. Jadi saya harus segera beranjak.

Sebenarnya ada beberapa ayunan yang dibangun di Reviola, bahkan ada yang lebih dekat ke laut.

Saya kembali duduk di kursi kayu yang beratap pohon cemara laut. Pemandangan pantai ini memang diisi dengan jenis pohon cemara dan bakau.

Tentunya bisa meneduhkan kalau lagi terik, meskipun saya tak bisa menikmati terik matahari saat berada di situ karena datang setelah hujan.

 

Sewa Pondok saja

foto: seniberjalan.com

Ya pengunjung tak perlu kuatirlah, kalau takut kepanasan. Ada 20-an pondok beratap jerami yang disewakan di sini.

Kisaran sewanya Rp75ribu-Rp200ribu, tergantung besar tenda dan lama digunakan.

Kalau bosan, sepertinya di pantai ini disewakan banana boat. Bayar Rp 150ribu sudah bisa bermain ramaian maksimal 6 orang.

Sayangnya kalau lapar, ada kedai di sini tapi gak buka setiap hari. Paling biasanya buka pas weekend atau lagi rame-ramenya pengunjung.

Baca: Buat Traveling Kalian Bermakna dengan cara ini

Saya tidak menyewa pondok, tidak pula menemukan kedai yang sedang buka dan juga tidak mencoba menyewa banana boat itu. Mungkin kalian bisa mencoba semua itu dengan datang pada waktu weekend ke sini.

foto: seniberjalan

Jadi bagaimana saya menikmati pantai ini? saya lebih memilih duduk di bangku kayu, melihat pengunjung berlalu lalang bermain di pantai, sambil merasakan angin laut dan menunggu momen untuk memoto suasana yang sekiranya menarik perhatian saya.

Ya mungkin lain kali saya akan ke sini lagi dengan membawa tenda dan kemping di ujung pantai. Lagian cuma merogoh kocek Rp20 ribu/orang kalau mau nginap di Reviola

Saya akan memilih waktu berkunjung di mana orang tidak terlalu ramai di Reviola atau pada waktu weekdays. Bagi saya memantai itu harus dalam keadaan damai. Bagaimana dengan kalian?

pointer

• Tiket masuk Reviola Rp 10ribu/orang
• Sewa pondok Rp75-200ribu/pondok
• Nginap untuk kemping Rp20ribu/orang
•Fasilitas: Warung, toilet, kamar mandi bilas
•Wahana permainan: Banan boat sewa Rp 150ribu/paket, maksimal 6 orang

 

video

Seni Hiburan

Seniberjalan Channel

Facebook