Seni Wisata

Samba, Danau Asli Bondowoso

samba 1 - kabar wisata - seni berjalan

Seniberjalan.com– Bendungan Sampean Baru Bondowoso, tempatnya sederhana tapi mantep banget buat merenung dan menghilangkan stres. Orang sini lebih familiar menyebut Sampean Baru dengan singkatannya yaitu Samba.

DAM yang terletak di Desa Kalitapen Kec Tapen  ini termasuk bangunan kuno yang di bangun sejak tahun 1983. Bangunan bekas Belanda ini berfungsi untuk mengairi lahan seluas 9.800 ha dan juga pembangkit listrik mikro.

Suasana hening dengan pemandangan yang dikelilingi pegunungan menambah keindahan danau alami yang dimiliki Bondowoso ini.

Untuk kalian yang pengen bersantai menghirup udara bersih silahkan berkunjung. Tidak lebih dari 30 menit perjalanan menuju Samba dari pusat kota Bondowoso, dengan jarak sekitar 17 KM menuju ke arah Situbondo.

“Saya hampir setiap minggu kesini, sekedar lari-lari kecil. Olahraga sekaligus cuci mata. Tiketnya juga murah hanya RP. 2.000,- saja” kata Reza salah satu pengunjung Samba yang datang bersama 4 temannya.

samba 2 - kabar wisata - seni berjalan

Nah yang unik nih dari Samba adalah tradisi berebut ikan, yah ratusan warga dari Bondowoso dan Situbondo akan berpesta menangkap ribuan ikan.

Setiap 6 bulan sekali Dinas Pengairan Penanggungjawab Operasional Bendungan Sampean Baru Bondowoso Jawa Timur akan melakukan pengelontoran ribuan kubik lumpur yang mengendap di Hulu Bendung Sampean Baru.

Akibatnya ribuan ikan air tawar akan mabok dan mudah ditangkap oleh warga dengan bantuan alat seadanya, cukup jaring kecil saja. Tradisi berebut ikan ini menjadi hiburan warga dari anak kecil sampai lanjut usia. Tertarik datang ke sini? yuk menangkap ikan!