Seni Kuliner

Sepuluh Kuliner Melayu Favorit di Batam

1. Teh Tarik

Teh Tarik memang bukan minuman asli Batam. Minuman ini familiar di Asia Tenggara terutama mudah ditemukan di Malaysia dan Singapura.

Karena berdekatan dengan dua negara tetangga tersebut dan serumpun melayu,Teh Tarik pun akhirnya ikut menjamur di Kepri khususnya Batam dan menjadi salah satu minuman favorit di kedai-kedai Batam.

Sensasi rasa

Teh Tarik memiliki rasa yang hampir sama dengan teh susu. Namun bedanya teh Tarik di Batam diolah dari campuran teh tubruk yang disaring dan diseduh dengan susu kental manis yang alot. Sebagian peracik teh ini terkadang juga menambahkan rasa kayu manis.

Yang saya suka dari minuman ini karena rasa manis dan rasa teh yang cukup kuat. Teh Tarik disajikan dalam olahan dingin dan panas. Yang pasti cara pengolahannya dan penyajiannya tetap sama, teh yang ditarik-tarik dan berbuih. Ditarik-tarik? Nanti kita akan mengerti dari cara pembuatannya.

Keistimewaan

Apa istimewa teh tarik? dimulai dari cara mengolahnya. Setelah teh dicampur air, selanjutnya peracik teh akan memainkan aksi menuang teh di dua gelas aluminium berulang-ulang seperti gaya ditarik-tarik (dituang berulang-ulang). Maka disebutlah teh ini sebagai Teh Tarik.

Teh yang berbuih. Keistimewaan kedua adalah adanya buih dari teh tersebut. Hal itu dikarenakan dari proses ditarik-tarik tadi. Biasanya memang disajikan dalam gelas dengan buih sebagai penghiasnya. Jangan kaget jika Teh Tarik disajikan dengan buih melipah di gelas…!

Bahan yang berbeda. Di antara pencicip teh tarik di Batam mengatakan Teh Tarik di Batam beda karena manisnya khas. Mungkin karena pilihan susu kental manis yang digunakan ditambah sedikit sensasi kayu manis.

Lokasi


Hampir di banyak kedai di Batam menyediakan menu ini. Paling familiar di Batam mungkin bisa ke Teh Tarik Raja, Mie Tarempa dan Kedai Kopi Anambas.

2. Sup Ikan Tengiri



Sama halnya dengan Teh Tarik, Sup Ikan juga termasuk favorit di Batam. Memang makanan ini juga temukan di daerah lain seperti Palembang dan Bangka Belitung.

Beda Palembang dan Bangka Belitung, Batam tentunya punya ciri khas Sup Ikan tersendiri, sesuai namanya menggunakan Ikan Tengiri.

Sensasi Rasa


Untuk cita rasa, Sup Ikan Tengiri bercita rasa sedikit asam, asin dan bercampur aroma Ikan Tengiri. Rasa asam kuah berasal dari potongan tomat hijau yang ditambahkan. Ikan Tengiri dipotong tipis, sehingga dagingnya sangat empuk untuk digigit. Gampanglah menyantapnya!

Keistimewaan

Bumbu rempah yang sederhana. Keistimewaan hidangan ini terletak pada olahan ikannya dan bumbu rempah yang digunakan.

Sebenarnya Sup Ikan hidangan yang sederhana. Tak banyak campuran. Selain, ditambahkan potongan tomat, hidangan ini juga ditambahkan sayuran seperti selada. Olahanya pas.

Jika berminat, dapat disantap dengan nasi atau tanpa nasi. Biasanya, restoran di Batam juga menambahkan cabe rawit potong atau rawit ulek untuk menciptakan sensasi pedas.

Lokasi


Cukup mudah menemukan Sup Ikan di Batam. Kita bisa menemukan di foodcourt-foodcourt dan resto yang menawarkan menu seafood, misalnya kawasan resto seafood di Harbourbay Batam. Sedangkan di pusat kota salah satu yang familiar adalah di resto Yongkee Batam.

3. Sotong Masak Hitam


Pertama kali mendapatkan hidangan ini, kita akan kaget dengan bentuknya, hitam. Olahan sotong ini seperti dilumurin tinta hitam. Saya awalnya juga ragu memakannya.

Tapi tidak perlu kuatir, jangan menilai dari tampilan makannya, sebelum kita mencoba dan mengetahui rasanya. Memang bentuknya tampak aneh bagi orang yang pertama kali mencoba menu ini, nyatanya Sotong Masak Hitam menjadi menu khas dari Kepulauan Riau cocok di lidah pecinta kuliner Indonesia.

Sensasi Rasa


Jangan takut untuk menyantap menu ini karena warna dan bentuknya yang tampak ‘mengerikan’. Setelah kita mencoba, kita akan percaya penampilan tidak berbanding lurus dengan kualitas rasa hehe..

Sotong masak hitam sangat lezat. Mungkin semula membayangkan warna hitam akan memberikan sensasi rasa yang pahit. Padahal olahan ini sangat gurih dengan cita rasa asam, asin dan rasa sotong yang meresap ke dalam lumuran tintanya.

Keistimewaan

Berwarna hitam. Dari bentuknya saja kita sudah tahu, hidangan sotong yang lumuri tinta hitam. Tinta hitam ini aman karena tinta hitam berasal dari cairan sotong itu sendiri.

Tidak terlalu amis. Untuk menghilangkan amis, ada cara khusus atau ramuan khusus dalam mengolahnya. Biasanya ditambahkan bumbu asam jawa, serai dan kunyit.

Lokasi


Tidak semua resto yang menyediakan menu ini. Paling gampang mendapatkan Sotong Masak Hitam di kedai-kedai orang Melayu, misalnya di Teh Tarik Raja Batam Center Batam.

4. Ikan Asam Pedas


Ikan Asam Pedas merupakan masakan nusantara, sehingga tak hanya ditemukan di Batam. Tapi cita rasa setiap daerah untuk olahan satu ini tentunya berbeda-beda, termasuk cita rasa Ikan Asam Pedas dari tanah Melayu ini.

Sensasi Rasa


Sesuai namanya Ikan Asam Pedas, rasanya tak jauh dari namanya, asam dan pedas. Terkadang juga sedikit manis.

Keisitimewaan


Olahan Ikan Segar
. Menu Asam Pedas di Batam sangat direkomendasikan karena diolah dari ikan segar dan berukuran jumbo. Pilihan ikannya pun beragam, di antaranya ikan kakap dan ikan ungar.

Bila kita mencicip makanan ini di foodcourt, kita bisa memilih langsung jenis ikan segar yang siap untuk dimasak.

Lokasi
Sup Ikan Asam Pedas bisa ditemukan di resto seafood dan melayu di Batam.

5. Nasi Dagang atau Nasi Lemak



Nasi Dagang atau sering juga disebut Nasi Lemak adalah menu sarapan pagi di Batam. Yah, menu ini mirip nasi uduk, nasi yang diolah menggunakan santan.

Sensasi Rasa


Nasi Lemak sangat gurih. Porsinya cukup untuk sarapan pagi. Untuk nasi lemak komplit, isinya berupa ikan teri, ikan laut balado, telur dan ditambahkan taburan kacang serta cabai merah.

Keistimewaan


Yang saya suka dari nasi lemak karena nasi ini dibungkus menggunakan daun, sehingga aroma daun ikut meresap ke dalam nasi. Selain itu porsinya sangat pas untuk sarapa  pagi.

Nasi lemak tahan seharian dan bisa dibawa sebagai cemilan dalam perjalanan bila tak sempat sarapan pagi.

Lokasi


Di mana bisa menemukan nasi lemak di Batam? Yang paling gampang adalah ke Morning Bakeri atau Pasar Mitra Raya Batam.

6. Luti Gendang


Pertama menyicip roti ini saya pikir Luti Gendang adalah roti goreng biasa. Ternyata beda. Luti Gendang lebih lezat. Coba satu roti tak cukup karena bikin nagih buat nambah lagi. Gak percaya?

Sensasi Rasa


Luti Gendang adalah roti isi dan memang diolah dengan digoreng. Yang membuat roti ini lezat adalah karena diisi dengan olahan abon ikan atau abon ayam. Paling sedap disajikan hangat-hangat.

Keistimewaan


Luti Gendang termasuk jenis cemilan yang disantap kapan saja, baik di waktu sarapan maupun makan siang. Roti ini juga dijadikan oleh-oleh dari Batam.

Lokasi


Luti Gendang ditemukan di kedai-kedai sarapan pagi di Batam seperti Mie Tarempa dan Kedai Kopi Anambas. Selain itu juga bisa ditemukan ditoko oleh-oleh di Batam.

7. Mie Lendir


Mendengar namanya, awalnya saya merasa geli. Berlendir..? tapi setelah mencoba mencicip ternyata olahan mie dari tanah Melayu tak kalah sedap.

Mie Lendir adalah mie rebus yang disiram kuah kental (biasanya dari olahan tepung) yang disajikan hangat. Saya suka karena kuah Mie Lendir ditambahkan campuran kacang.

Sensasi Rasa


Mie Lendir rasanya sedikit manis, asin dan sedikit pedas. Mie ini biasanya dicampur dengan toge rebus, potongan rawit dan taburan seledri. Lalu disiram kuah lendir hangat di atasnya. Jangan disantap dulu sebelum mengaduk mie dan siraman lendirnya.

Keistimewaan


Istimewanya terletak pada kuahnya yang kental. Mie ini termasuk menu pilihan untuk sarapan pagi.

Lokasi

8. Otak-otak

Di daerah rumpun Melayu tentu tak asing dengan makanan Otak-otak. Di Kepulauan Riau, masing-masing daerahnya seperti Karimun, Bintan, Batam dan Tanjungpinang punya makanan Otak-otak.

Otak-otak merupakan makan berisi ikan atau sotong dan diolah dengan tepung. Kemudian dibungkus dengan daun kelapa dan diasapkan atau sedikit dipanggang. Jenis ikan yang umum diolah untuk otak-otak adalah ikan tengiri.

Sensasi Rasa


Rasa otak-otak umumnya pedas. Kalau bumbunya kuat, rasa kunyitnya lebih terasa karena memang diolah menggunakan bahan tersebut. Selain otak-otak pedas, kita bisa mencicip otak-otak putih. Jenis otak-otak ini tidak pedas atau tidak ditambahkan cabai di dalamnya.

Keistimewaan


Rasa khas otak-otak juga berasal dari aroma daun kelapa yang dibakar. Aroma tersebut ikut meresap ke dalam olahan. Paling pas dicocol menggunakan sambal pedas cair.

Otak-otak menjadi makanan oleh-oleh bila berkunjung ke Batam. Sayangnya, makanan ini tidak dapat bertahan lama atau hanya tahan sehari.

Lokasi


Di kedai-kedai kopi di Batam otak-otak biasanya sudah disediakan di meja-meja sebagai cemilan dan kawanan makanan sarapan pagi. Di pelabuhan-pelabuhan domestik Batam apalagi Tanjungpinang kita dengan mudah menemukan pedagang kaki lima  yang menjajakan makanan ini.

9. Mie Tarempa


Mie Tarempa termasuk makanan khas Melayu Kepri. Mie Tarempa berasal dari desa Tarempa, Anambas.

Anambas, satu di antara kabupaten di Kepri. Untuk mencicip makanan ini kita tak perlu jauh-jauh ke Tarempa. Menu olahan mie ini sudah ada di Batam.

Sensasi Rasa


Pertama kali menyicip Mie Tarempa saya memilih jenis Mie Tarempa Goreng. Rasanya pedas dan sedikit manis. Lidah saya lebih akrab dengan rasa itu.

Pilihan Mie Tarempa seperti Mie Tarempa Goreng, Mie Tarempa Basah dan Mie Tarempa Kuah. Semuanya terasa gurih. Mie Tarempa sangat direkomendasikan bila berkunjung ke Batam.

Keistimewaan

Bentuk Mie. Mie Tarempa memiliki tekstur mie yang lebar. Di beberapa restoran ada yang berinisiatif membuat olahan mie sendiri untuk menciptakan cita rasa yang berbeda.

Dicampur olahan ikan dan ayam. Inilah yang membuat mie ini lezat dilidah saya. Tapi saya lebih menyukai olahan ikan karena olahan ikan yang digunakan adalah ikan tengiri.

Lokasi
Ada satu resto yang sudah memonopoli nama menu ini, yakni Resto Mie Tarempa. Namun, Mie Tarempa bukan satu-satunya resto yang menyajikan menu tersebut di Batam.

10. Olahan Kepiting


Rekomendasi makanan favorit di Batam salah satunya adalah seafood. Ya, karena Batam itu berada di wilayah pesisir dan kepulauan sehingga sangat gampang mendapat bahan olahan seafood, terutama untuk kepiting.

Sensasi Rasa


Siap-siap kolesterol, tapi sekali-sekali menyantap seafood gak apa-apalah ya? pasalnya olahan kepiting di Batam sangat beragam dan kita akan dibuat puas menyantapnya. Bahkan satu piring disajikan khusus kepiting saja. Kalap bro!

Keistimewaan


Diolah dengan cara apapun jenis makanan ini tetap menggiurkan untuk disantap. Pasalnya pilihan olahan kepiting di Batam variatif berupa olahan kepiting goreng, kepiting pedas, kepiting black pepper, kepiting telur asin, kepiting bakar, kepiting asam pedas dan sebagainya.

Lokasi

Hampir semua resto seafood di Batam menyajikan menu ini. Beberapa lokasi tersebut di antara yang direkomendasikan adalah Tanjungpiayu Laut, Seafood Harbourbay Batam dan Mentarau.

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

4 Comments

Click here to post a comment