Seni Wisata

Telusur Desa Tombo, Desa Penghasil Kopi

Seniberjalan.com – Bermodal rasa penasaran pada kopi, akhirnya bisa berkunjung ke Desa Tombo. Desa ini terletak di Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang Jawa Tengah. Sekitar 20 KM ke arah selatan dari pusat Kota Batang.

Sambutan pertama dari desa ini adalah gapura Desa Tombo, tidak jauh dari gapura ada Coffee Tombo. Bangunan yang didominasi kayu dan batubata dengan tepian kanan adalah kebun kopi dan sisi kiri perkampungan Tombo.

Dengan ketinggian desa mencapai lebih dari 1.000 MDPL , tak heran jika desa ini mampu menghasilkan kopi dengan citarasa tinggi.

Desa Tombo memiliki tiga jenis kopi : Arabica, Robusta dan Excelsa. Menikmati kopi di tempat dingin dengan udara yang bersih dan pemandangan yang bagus membuat hari-hari semakin baik.

Harga secangkir kopinya pun tak akan menguras isi dompet, murah meriah. Kopi hitam yang diolah secara tradisional menjadi menu spesial.

Coffee Tombo merupakan upaya pemuda Desa Tombo untuk membantu masyarakat mengelola hasil kopi, selain menanam kopi, memanen dan menjualnya.

Puas menikmati kopi, kamu bisa main ke rumah pohon. Jaraknya tidak begitu jauh cuma 1 KM dari Coffee Tombo naik keatas ikuti jalan.

Begitu ada perkebunan teh dengan lapangan di kanan jalan kamu bisa parkirkan kendaraan disitu dan langsung beli tiket masuk. Tiketnya 5.000 perorang.

Kemampuan tracking diandalkan.

Dari pintu masuk harus berjalan 150 meter menuju lokasi. Kebanyakan pengunjung beristirahat dahulu digubuk-gubuk yang tersedia dipinggiran tebing untuk rehat sejenak dan melanjutkan perjalanan kembali.

Rumah pohonnya ada dua, bisa memilih mau yang mana. Rumah kayu di bangun di atas pohon besar ditepian tebing. Rumah dilengkapi dengan tangga, jembatan dan pagar pembatas sehingga aman untuk pengunjung, tapi harus bersabar antri dan jangan berebut karena berbahaya misal berlebihan muatan.

Rumah Pohon Batang menawarkan panorama alam dari ketinggian, sepanjang mata memandang yang ada adalah pepohonan yang lebat dan hijau.

Suara gemericik air sungai didasar lembah, angin yang kencang dan suara hewan-hewan liar sejenis primata, kicauan burung membuat simfoni yang indah.

Fasilitas yang tersedia di Rumah Pohon Tombo antara lain parkiran yang luas, wc umum, warung-warung makan berjejer, gubuk untuk istirahat.

Selesai menikmati rumah pohon, kamu bisa berkeliling ke perkampungan, kebun teh dan kebun kopi Desa Tombo.
Paket lengkap bukan?

Akses
Ke desa Tombo sekitar 45 menit dari pusat Kota Batang, ikuti jalan arah Kec. Bandar, di Pasar Bandar belok kanan menuju Binagarut. Sebelum waterpark Binagarut ada pertigaan belok kiri dan lurus ikuti jalan, nanti ada petunjuk arah ke Desa Tombo. Jalanan beraspal mulus, dengan kontur jalan naik turun dan banyak belokan.

-Aru