Seni Kuliner Seni Wisata

Tiga Kuliner Unik yang Harus Kamu Cicip di Vietnam

sumber:vespaadventures.com

seniberjalan.com__Jalan-jalan belum terasa lengkap tanpa mencicipi hidangan khas dari daerah setempat. Begitu juga kalau kamu jalan-jalan ke Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Pertama kali, tentunya kamu harus sampai dulu di kota Ho Chi Minh, ibukota Negara Sosialis Republik Vietnam. Kamu bisa berangkat ke kota ini dengan mengandalkan maskapai Vietnam Airlines.

Yang membuat penasaran saat berkunjung ke negara ini mungkin adalah sejarah Vietnam sendiri, yang seolah-olah menggambarkan dinginnya suasana di sana. Tapi ternyata, orang-orang Vietnam sama, dengan orang dari etnis lainnya di Asia Tenggara. Mereka suka duduk-duduk, kongkow, dan mereka punya beragam makanan dan kudapan khas yang menggiurkan dan kangen ingin mencicipinya lagi.

 

Penganan Khas Vietnam

Penganan terkenal yang menjadi ciri khas Vietnam adalah Pho (baca: feu). Pho dibuat dari mi berwarna putih, dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Dimasak dengan cara direbus dengan kaldu dan potongan daging, lalu disajikan bersama sayuran seperti tauge, daun mint dan daun ketumbar.

pho               sumber:tasteasianfood.com

Kalau kamu tertarik dengan makanan yang satu ini, kamu juga bisa datang ke restoran yang menyajikan menu khas Vietnam di Indonesisa. Hanya saja, soal rasa belum tentu sama dengan yang bisa kamu temui di Vietnam. Di Vietnam, pho dijual dengan harga sekitar Rp. 23.000 sampai Rp. 70.000.

Keo Chi. Jajanan ini rasanya manis, dan bentuknya seperti harum-manis yang diapit dua lembar kue beras tipis. Bedanya dengan harum-manis, rupanya bagian yang menyerupai rambut itu dibuat dari kelapa muda yang diserut memanjang. Dan bagian roti beras tipis yang ada di harum-manis beda pula dengan Keo Chi, yaitu sifatnya yang ternyata lentur dan tidak renyah.

Keo Chi            sumber:vietstreetfoods.blogspot.co.id

Banh Trang Tron. Makanan yang dijual dengan pikulan seperti penjual makanan di Indonesia ini dibuat dengan cara membakar kulit tipis di atas bara api. Sekilas bentuknya mirip dengan lumpia kering tapi warnanya tetap putih, tidak kuning keemasan. Dicampur dengan daging cincang, parutan mangga muda dan beberapa jenis daun yaitu kemangi, mint dan juga bawang. Kulit tipis yang menyerupai kulit lumpia ini terbuat dari tepung beras.

Banh Trang Tron      sumber: funnelogychannel.com

Meskipun mungkin menu yang ditawarkan agak asing, banyak juga wisatawan yang menyicip makanan khas ini, karena harganya yang murah dan rasanya benar-benar cocok dengan selera lidah mereka. Makanan ini dijual dengan cukup murah, per porsi hanya sekitar Rp. 8.800 (15.000 dong). Untuk menikmati Banh Trang Ton, kamu bisa pergi ke sudut kota Ho Chi Minh, atau di pusat keramaian pada malam hari.

 

Ke Vietnam Bareng Tim Backpackermu Menggunakan Vietnam Airlines

Melakukan perjalanan wisata sekaligus wisata kuliner memang lebih baik tidak sendirian. Selain sebagai teman untuk ngobrol yang bisa kamu percaya, saat menikmati hidangan khas Vietnam kamu bersama teman juga bisa bertukar pendapat soal rasanya. Serunya, kalian pasti punya pendapat masing-masing yang tidak harus sama.

Kuliner memang tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas wisata, ke manapun kamu meneruskan perjalananmu. Tetapi, menikmati kuliner unik di negara asal makanan itu sebenarnya kamu sedang mempelajari budaya orang-orangnya juga. Pengalamanmu bersama traveler lain, menikmati kuliner dan mengamat-amati budaya negara setempat, akan lebih mudah dengan memanfaatkan tarif ekonomis maskapai Vietnam Airlines.

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

2 Comments

Click here to post a comment