Seni Hiburan

Cari Tahu Uang Kuno Di Bank Numismatik

uang kuno 1 - kabar hiburan - seni berjalan
Uang Rp. 10.000 Tahun 1992

Seniberjalan.com– Bank Batam Numismatik atau Komunitas Kolektor Uang Kuno Indonesia Wilayah Batam belum begitu lama terbentuk di Batam. Sedangkan Thoie Soegiarto, salah seorang anggota Bank Batam Numismatik yang beberapa lalu memamerkan koleksi Bank Batam Numismatik di Taman Engku Putri sudah bertahun-tahun menggeluti hobi mengkoleksi uang kuno.

” Komunitas baru terbentuk satu tahun ini, sementara saya sudah lama, kami tergabung semuanya bagi penghobi koleksi uang kuno,” kata Thoie.

Thoie tampak bersemangat bercerita tentang hobinya itu. Bila berkumpul dengan teman-teman komunitas, masing-masingnya biasa membahas uang kuno yang mereka beli. Bahkan terjadi jual beli atau tawar menawar di situ. Mereka belum punya basecame untuk berkumpul komunitas itu.

” Kalau kumpul ya ditempat ngopi-ngopi aja, biasanya membahas koleksi uang-uang kuno masing-masing, kalau punya uang kuno baru kadang antar teman saling menawar,” jelas laki-laki berkulit putih ini.

uang kuno 2 - kabar hiburan - seni berjalanUntuk menemukan uang kuno di Batam tentu bisa menemui Thoie atau komunitas Bank Numismatik tersebut. Mereka memiliki koleksi uang kuno dari tahun keluaran 1920, terutama untuk uang kuno asing.

” Hampir semua uang kuno negara asing kami punya koleksinya, semuanya kami simpan dengan rapi dalam bentuk album, ada 10 album,” lanjut Thoie.

Kamu bisa menemukan di album uang asing kuno miliki Bank Numismatik Batam ini. Sedangkan untuk uang kuno dari Indonesia sendiri dikoleksi dari tahun keluaran 1930-an. Paling mahal adalah uang Indonesia pada zaman belanda dengan gambar Wayang. Uang ini memiliki nilai jual tinggi.

” Nah, yang bergambar wayang ini adalah uang Indonesia saat Belanda masih menjajah, harganya mahal Rp 100juta,” tegas Thoie.

Tentu tidak semua koleksi uang kuno dari Bank Numismatik ini dijual dengan harga tinggi. Untuk uang kuno Indonesia nominal Rp.10.000 dijual Rp 25.000.

Sekilas saja tentang koleksi uang kuno di Batam, mungkin kalian punya koleksi uang kuno yang melebihi bank Numismatik ini. Gelutin hobi unik kan sah-sah saja, apalagi yang seperti ini kalau di Batam jarang ditemuin.

Mero

About the author

Aru & Mero

4 Comments

Click here to post a comment