Seniberjalan.com – Sudah lama saya tak mengisi blog sendiri karena fokus saya sedang terbagi di beberapa web.

Lagian, pandemi juga menjadi alasan mengapa saya jeda mengisi blog. Gak bisa ke mana-mana toh?.

Semalam saya mencari foto pemandangan buat dipajang di rumah. Saya ingat sebuah foto pemandangan di sebuah perkampungan di Bintan. Namanya Kampung Keter.

Kali ini saya ingin bercerita tentang foto ini, biar web seni berjalan jalan kembali. Mengapa saya ingin bercerita tentang pemandangan foto ini?

Saat surut di Kampung Keter

Saya suka pemandangannya, dan saya tidak pernah lupa framingnya: sederhana tapi indah. Foto yang memuat frame gunung bernama gunung Bintan yang berdiri sendiri beserta suasana hamparan pasang surut di sore hari.

Pengambilan foto ini sudah lama, saya lupa tahun berapa. Yang jelas saya ditemani dua teman jurnalis di Tanjungpinang.

Waktu itu kami benar-benar berniat menghampiri spot-spot terbaik di Tanjungpinang dan Bintan. Dan Kampung Keter salah satunya.

Momen ini sebenarnya kebetulan saja didapat ketika kami dalam perjalanan menuju pemukiman Kampung Keter.

 

Kolaborasi Objek yang Sederhana tapi Sempurna

foto: elizagusmeri/seniberjalan

Kami datang sore hari, dan kebetulan sedang surut. Saat melewati jembatan, tiba-tiba pemandangan gunung Bintan mengusik kami untuk berhenti.

Air laut sedang surut dan membuat celah, menyisakan anak sungai kecil di perairan itu. Tak berapa lama, sebuah pompong atau perahu kecil seketika melewati aliran tersebut.

Nelayan dan perahunya bagai kolaborasi yang pas bersama pemandangan gunung Bintan dan semesta. Kami langsung membidiknya.

Jalan menuju Kampung Keter

Seorang Anak di Kampung Keter. Foto: Elizagusmeri/seniberjalan

Saya hanya mengambil foto dengan HP. Untungnya, resolusi kamera HP saya bagus dan jarak pengambilan objek tidak begitu jauh. Saya mendapatkan foto pemandangan ini dengan apik.

Melihat foto ini, telah mengembalikan memori saya dan ingin rasanya hunting foto lagi suatu saat nanti.

Oh ya, pemukiman di sana tak ramai. Suasana sangat menenangkan dan damai. Saya tidak tahu seperti apa suasana Kampung Keter saat ini. Semoga tidak ada yang berubah.

Kampung Keter terletak di Kelurahan Tambeling, Kabupaten Bintan. Lebih baik menggunakan motor ke sana dan datanglah pada waktu sore.

Lebih lengkap tentang kampung ini silakan baca tulisan saya sebelumnya di Menapaki Kayu Lapuk Menuju Kampung Keter.

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles