Seni Wisata

Nuvasa Bay sebagai Kawasan Kota Mandiri dan Hunian Masa Depan di Batam

Seniberjalan.com – Dua tahun belakangan saya sering mendengar nama Nuvasa Bay. Dan semakin familiar ketika iklannya pernah nongol sebelum pemutaran film di Cinema 21 Batam. Saya masih ingat tagline-nya dari iklan itu, Nuvasa Bay, New Face of Batam.

Iklan tersebut juga memvisualkan Nuvasa Bay sebagai hunian masa depan. Saya jadi penasaran, wajah baru apa yang akan diberikan Nuvasa bay untuk Batam? dan seperti apa ya konsep hunian yang dikembangkan di Nongsa ini?

Beberapa minggu lalu, tepatnya 28 Oktober 2019, akhirnya saya berkesempatan berkunjung ke Nuvasa Bay, atas undangan dari Social Media Strategist, Corporate Communications, Sinar Mas Land, Harris Maulana. Kebetulan dia juga berpengalaman sebagai seorang blogger.

Social Media Strategist, Corporate Communications, Sinar Mas Land, Harris Maulana/seniberjalan.com

Ramai sekali teman-teman blogger Kepri yang hadir karena memang konsep acaranya adalah Nuvasa Bay Batam Blogger Gathering atau saya singkat saja ya, jadi Nuvasa Bay BBG 2019.

Selain temu ramah para blogger dengan pihak Nuvasa Bay dan Sinar Mas Land selaku developer properti tersebut, Nuvasa Bay BBG juga berisi agenda pengenalan Nuvasa Bay dan promo salah satu klasternya, yakni The Nove Residence fase 2 yang sedang dipasarkan.

Acara Nuvasa Bay BBG berjalan cukup seru dan para blogger semakin antusias pada momen lomba live twitt, lomba foto instagram dan lomba menulis. Namun, yang tak kalah penting dari Nuvasa Bay BBG ini adalah enlightenment dari pihak Nuvasa tentang Nuvasa Bay dan Klaster The Nove Residen kepada para blogger.

Para Blogger Kepri antusias mengikuti Nuvasa Bay BBG 2019/seniberjalan.com

Penjabaran tentang Nuvasa Bay dan The Nove Residence dijelaskan oleh Project Sales and Marketing Department Head Nuvasa Bay, Raichan Bohari. Raichan menjelaskan konsep pembangunan Nuvasa Bay dari awal sejak dipasarkan dan dibangun sejak tahun 2017 hingga memaparkan berbagai keunggulan yang ditawarkan Nuvasa Bay mulai dari fasilitas, amenitas dan akses (strategis).

Project Sales and Marketing Department Head Nuvasa Bay, Raichan Bohari/seniberjalan.com

Dari penjelasan Raichan, saya mulai paham beberapa keunggulan yang ditawarkan Nuvasa Bay. Beberapa hal yang saya tangkap dari Nuvasa Bay bahwa Nuvasa Bay sebagai Kawasan Kota Mandiri dengan hunian berkonsep resort di Batam.

Saya mencoba membayangkan bagaimana jika kota ini jadi setelah melihat rancangan maketnya saja. Saya rasa, Nuvasa Bay akan menjadi hunian masa depan, menjadi kawasan Kota Mandiri Pertama dan terbesar di Batam yang dibangun di atas area 228 hektar tersebut.

 

The Nove Residence Nuvasa Bay sebagai Rumah Liburan (Holiday Home).

The Nove Residence merupakan salah satu hunian resort eksklusif Nuvasa Bay. Dipenghujung acara Nuvasa Bay BBG, kami para blogger diajak melihat langsung pembangunan Klaster The Nove Residence Fase 1 setelah sebelumnya, pihak Nuvasa Bay mengenalkan tipe kamar kondominium The Nove.

Tipe kamar Kondominium/seniberjalan.com

Kami berkeliling menggunakan Buggy. Letak The Nove Residence berada di sebelah kanan bundaran Nuvasa Bay. The Nove fase 1 bersebelahan dengan fase 2 . Fase 1 dibangun di area seluas 5 hektar. Raichan mengatakan The Nove Residence memiliki tiga tower apartemen yang dikombinasikan dengan rumah dan kavling.

“Pembangunan tower masih under contraction, tapi fase 1 sudah terjual sekitar 98 persen sejauh ini, diperkirakan untuk rumah pengerjaannya selesai akhir tahun ini,” sebut Raichan dalam pemaparannya.

Kemudian, keberhasilan penjualan fase 1 The Nove tersebut berlanjut ke pembukaan penjualan Kluster The Nove fase 2 saat ini. Fase 2 merupakan hunian limited edition dengan 2 tipe hunian yakni tipe Semi-Detached dan tipe Town House.

Hunian di The Nove Residence yang masih dibangun/seniberjalan.com

Setelah melihat kawasan pembangunan The Nove saya melihat row jalan perumahan di The Nove sangat lebar dan dibangun di area cukup tinggi di ketinggian 20 meter di atas permukaan laut. Namun, ada keunggulan lain yang bisa saya simpulkan dari hunian masa depan ini.

Pertama adalah hunian The Nove Residence menyuguhkan keindahan alam dengan view 360 derjat. Keindahan alam adalah kombinasi dari konsep mixed use yang diusung Nuvasa Bay setelah kenyamanan dan lokasi yang strategis.

Dari ketinggian, pemandangan yang disuguhkan berupa view laut dan penampakan Marina Bay Sans di Singapura. Fasilitas alam lain yang juga mendukung adalah hutan bakau, kolam, dan hamparan lapangan golf yang menghijau.

Bayangkan, punya rumah dekat pantai atau dengan pemandangan alam seperti ini, serulah pastinya. Ya, Nuvasa Bay memang berada di kawasan pantai, sehingga bisa merasakan tinggal seperti ala resort di Batam.

Tinggal cuss, langsung sampai di pantai, apalagi Nuvasa masih satu kawasan dengan Palmsprings Golf and Beach Resort yang juga menawarkan alternatif memantai selain area lapangan golf. Jadi saat libur atau lagi mager berpergian ke tempat jauh, tinggal menikmati pantai terdekat saja.

Pemandangan Kolam dan lapangan golf di sekitar The Nove Residence.

Ini yang saya maksud bahwa The Nove salah satu rumah liburan atau Holiday Home, dengan mudah kita bisa menikmati suasana liburan dari dekat rumah.

Kedua, hunian The Nove berpeluang untuk disewakan ke wisatawan. Kita bisa membeli sebagai tempat tinggal tetap, sebagai rumah liburan di akhir pekan atau rumah investasi hingga berpeluang untuk disewakan kepada wisatawan. Jadi bisa menambah passive income pemilik hunian.

Ketiga, tersedia fasilitas terpadu berstandar internasional sebagai penunjang gaya hidup. Karena The Nove adalah bagian dari Kota Mandiri Nuvasa Bay, tentunya segala fasilitas lengkap udah auto dinikmati.

Misalnya saja fasilitas SeaForest Adventure (water park terampung, paintball, olahraga air, beach bar, cliff bar, dan aktivitas hiburan bernilai edukasi) dan akan dibangunnya tempat rekreasi, perhotelan, Golf house club, Residensial klub, Trip Mall, Sekolah bertaraf internasional, hingga Fasilitas kesehatan.

Keempat, sudah terjamin kualitas propertinya karena The Nove sudah mendapat beberapa penghargaan seperti The Best Condo Development (Greater Indonesia) dan The Best Landscape Development (Greater Indonesia) dari PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019.

Kelima, berdampangin dengan kawasan vital. Lokasi The Nove bersebelahan dengan kawasan ekonomi digital seluas 8 ha yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Citramas Group.

Raichan mengatakan estimasi klaster The Nove Residence akan rampung pada tahun 2024.

Tahap pembangunan apartemen The Nove Residence/seniberjalan.com

 

Nuvasa Bay sebagai Investasi dan Destinasi Di Batam

Nuvasa Bay dikembangkan oleh Sinar Mas Land sebagai developer terbesar yang sudah 40 tahun membangun properti di Indonesia; dari lebih 50 proyek besar di Indonesia dengan total luas lahan lebih dari 10,000 hektar.

Pembangunan kawasan kota mandiri ini tidak semata memberikan benefit pada penghuninya, tapi Sinar Mas Land juga mempertimbangkan value untuk Batam di sektor pariwisata.

Mengingat Batam sebagai kota ketiga yang paling ramai dikunjungi wisatawan di Indonesia, sebagai pertimbangan dipilihnya Batam untuk pembangunan Nuvasa Bay oleh Sinar Mas Land.

Berdasarkan data BPS Batam per September 2019 (lihat grafis), wisatawan Batam terus bertambah setiap tahunnya. Kunjungan wisatawan tersebut dapat berkontribusi pada bisnis properti di Batam.

grafis: katabatam

Kemudian, potensi bisnis di Batam digarap serius. Perekonomian Batam mulanya terfokus pada industri manufaktur tapi saat ini telah bergeser ke industri properti.

Apalagi didukung keseriusan pemerintah yang intens bekerjasama dengan negara-negara tetangga, terutama Singapura. Tentunya menjadikan Sinar Mas Land semakin mantap membangun Nuvasa Bay.

Kunjungan wisatawan asing ke Batam, akan berdampak positif untuk Nongsa sendiri sebagai salah satu destinasi utama wisatawan asing di Batam, terutama warga Singapura.

Apalagi Nongsa termasuk kawasan strategis di Batam, dekat dengan Singapura hanya membutuhkan 30 menit dengan menggunakan kapal ferry, dan 20 menit dari Bandar udara Hang Nadim.

Nongsa juga akan memberi potensi investasi yang besar apalagi akan dibangunnya jembatan layang dan jalan lingkar luar, akses langsung menuju Nongsa ini akan memacu pembangunan yang lebih besar di Nongsa.

Dari beberapa keunggulan ini, Nuvasa Bay sepertinya dapat berperan sebagai kawasan fungsional dan vital yang memberi pilihan investasi properti dan destinasi pariwisata bagi Batam kedepan. Sesuai dengan asal namanya ‘Nu’ -vasa yang artinya ‘New’, diharapkan benar-benar menyuguhkan suatu yang ‘baru’ untuk Batam.

 

Kebersamaan pihak Nuvasa Bay dengan Blogger Kepri/seniberjalan.com

 

Lokasi Nuvasa Bay

link google map : Nuvasa Bay 

Marketing Gallery Nuvasa Bay
Hang Lekiu – Nongsa
Batam – Kepulauan Riau
Telephone : +62 778 761199
Facebook: Nuvasa Batam
Web :nuvasabay.com
Ig: nuvasabay

Video singkat tentang Nuvasa Bay

About the author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

19 Comments

Click here to post a comment