Pandemi telah mengubah cara kita untuk melakukan perjalanan. Kita harus membatasi jarak dan memenuhi protokol kesehatan.

Ketika melakukan perjalanan saat pandemi, kita diharus menggunakan masker, membawa tisu basah, cairan disinfektan, sarung tangan dan lainnya.

Disamping perlengkapan tersebut, ada berbagai item atau benda yang sepertinya layak kita pertimbangakan untuk dibawa saat berpergian.

Berikut enam tambahan daftar packing Anda untuk perjalanan di era COVID yang dikutip dari krg.com.

1. Kartu kredit contactless

Kartu kredit contactless menjadi cara yang lebih aman untuk mencegah infeksi. Kartu kredit semakin banyak dirancang dengan “ketuk untuk membayar”, yang berarti kartu dilengkapi dengan teknologi yang disebut komunikasi jarak dekat.

Baca juga: Cara Gen Z Berwisata Saat Pandemi

Pegang saja kartu kamu (atau perangkat yang mendukung dompet seluler, seperti ponsel atau jam tangan pintar) dekat dengan pembaca kartu untuk menyelesaikan transaksi.

Penggunaan kartu kredit ini juga menghindari pembayaran cash sehingga mengurangi sentuhan dengan benda-benda yang bisa membawa wabah.

2. Bawa power bank atau charger sendiri

Hal ini bisa mengurangi meminjam perangkat orang lain saat kamu kehabisan daya baterai HP selama perjalanan.

3. Tisu toilet

Tisu toilet juga penting untuk dibawa karena tidak semua toilet kita temui dalam keadaan bersih dan menyediakan tisu toilet.

4. Pulpen.

Bawalah peralatan tulis sendiri seperti pulpen. Benda ini akan sangat berguna ketika kamu harus menyertakan tanda tangan ketika memasuki hotel atau ingin menuliskan daftar di buku catatanmu. Hal ini dapat menghindari penggunaan pulpen hotel yang mungkin tidak selalu terjaga kebersihannya.

5. Botol air

Membawa botol air minum sendiri lebih dianjurkan. Kamu bisa melakukan isi ulang sewaktu-waktu.

6. Tongkat selfie

Saat kita berada di suatu tempat yang kita inginkan, biasanya akan mengabadikan tempat tersebut dengan berfoto-foto. Namun, meminta orang lain untuk memotokan bisa berpotensi bersentuhan dengan barang-barang yang kita gunakan.

Sebaiknya bawalah tongkat selfie, sehingga kita masih bisa memoto diri sendiri dengan cara yang lebih aman.