Ada berbagai pilihan wisata agro yang menarik di kawasan Marina, Sekupang, Batam. Satu diantaranya adalah Wisata Jambu Madu.

Konsep Wisata Jambu Madu ini hampir serupa dengan Kebun Jambu Marina, di mana kebun buah bersanding dengan area persawahan.

Tapi tetap ada yang berbeda di Kebun Jambu Madu ini. Pertama Kebun Jambu Madu lebih didominasi dengan tanaman Jambu Madu (jambu air) atau jenis jambu yang di datangkan dari Deli, Medan. Sementara di Kebun Jambu Marina lebih banyak pohon jambu biji.

Kedua, fasilitas. Jambu Madu menyediakan beberapa fasilitas bersantai yang lebih menarik berupa pondok di tepi sawah dan rumah pohon. Satu lagi yang menarik adalah fasilitas bermain berupa labirin.

Sepertinya hanya di Jambu Madu yang menyediakan fasilitas bermain labirin di Batam. Tempatnya lumayan luas dan biasanya disenangi anak-anak.

kebun-jambu-madu-batam

Labirin Jambu Madu

 

baca juga: Berkunjung ke Sawah Batam di Jambu Marina

 

Duduk di Pondok Tepi Sawah Jambu Madu Marina

pondol-jambu-madu-marina

pondok Jambu Madu

Jambu Madu memiliki luas pertanian sekitar 1.5 ha. Selain di isi dengan pohon jambu madu, tempat ini juga berhasil mengembangkan area persawahan.

Area persawahan berada sedikit ke ujung tak jauh dari lokasi labirin. Di depan persawahan dibangun banyak pondok jerami untuk bersantai.

Sebagian besar pengunjung memilih duduk-duduk di pondok ini sambil menikmati pemandangan sawah. Mereka juga membawa bekal dan bersantap beramai-ramai di pondok.

Pondok-pondok tersebut disewakan kepada pengunjung. Tersedia ukuran besar dan kecil. Di sini juga disediakan mini aula yang bisa digunakan untuk kegiatan beramain-ramai.

Suasana kebun Jambu Madu sangat menenangkan dan tentunya bisa mengobati perasaan rindu persawahan yang biasanya hanya ada di kampung.

 

baca juga: Empat Lokasi Rekreasi di Batam selain Pantai

 

Membeli Buah dan Menu Kuliner di Jambu Madu Batam

jambu--madu-marina

Jambu Kristal, jambu tanpa biji.

Menurut seorang petugas di Jambu Madu, buah-buahan seperti jambu madu dan jambu biji bisa langsung dipetik pada saat musim. Namun, untuk dijual dalam jumlah banyak ke pengunjung petani di sana akan memetikkan terlebih dulu, kemudian dijajakan di depan warung Jambu Madu di pintu masuk.

Saat ini Jambu Madu maupun jambu biji tidak panen serentak jadi kalau ingin membeli jambu kita harus menanyakan apakah sudah bisa dipetik.

Saat berkunjung ke sana, saya membeli Jambu Kristal (jambu tanpa biji). Perkilonya Rp30 ribu. Jenis jambu biji ini rasanya manis asam dan tentunya lebih segar karena saya meminta langsung dipetikkan di pohonnya.

Sementara untuk menu kuliner, saya tidak sempat mencicipnya. Tapi ada sebuah warung di depan pintu masuk kebun yang menjual makanan bahkan tersedia menu sarapan pagi.

Menu sarapan pagi ini hanya tersedia di pagi hari karena pukul 07.00 kebun Jambu Madu sudah dibuka untuk pengunjung.

rumah-pohon-jambu-madu

Rumah pohon

Harga Tiket Masuk ke Jambu Madu

Harga tiket masuk ke Jambu Madu Rp 10ribu per orang. Anak-anak di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya masuk.

Harga sewa pondok di Jambu Madu

Pondok tepi sawah disewakan Rp 60ribu perpondok.

 

Lokasi Jambu Madu Marina Batam