Wabah coronavirus yang belum usai, masih menyulitkan dunia pariwisata di Indonesia. Meskipun saat ini kita sudah bisa berpergian dengan melakukan tes antigen, tapi masih banyak masyarakat yang enggan melakukan perjalanan jauh atau berwisata ke luar daerah.

Pilihan rekreasi saat ini adalah berwisata di tempat terdekat saja. Misalnya di Batam. Belakangan masyarakat Batam mulai memberanikan diri untuk berwisata lokal untuk mengobati kejenuhan.

Umunya masyarakat Batam suka mendatangi pantai, terutama pantai terbaru di daerah Barelang. Tapi berwisata di Batam tidak harus berkunjung ke pantai. Untuk Anda yang menginginkan tempat rekreasi selain pantai, apalagi datang dengan keluarga, berikut empat rekomendasi tempat rekreasi selain pantai di Batam.

Taman Rusa Sekupang

Taman Rusa Sekupang/seniberjalan.com

Taman Rusa Sekupang/seniberjalan.com

Tempat ini mulanya hanya sebagai lokasi penangkaran rusa jenis totol, kemudian dikembangkan juga oleh BP Batam sebagai tempat berolahraga seperti jongging dan taman bermain. Taman Rusa berada di kawasan Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam atau di sekitar Guest House BP Batam.

Taman rusa dibuka setiap hari, dari pagi yakni pukul 07.00-18.00WIB. Di sini juga disediakan toilet dan musala. Lengkapnya baca di sini: Taman Rusa Sekupang.

 

Sawah Jambu Marina

Batam punya sawah? kalau tidak percaya datang saja ke kawasan Marina, Sekupang. Kawasan ini telah dikembangkan oleh Badan Pengusahaan Batam sebagai kawasan agro wisata.

Semula Sawah Jambu Marina adalah kebun jambu merah. Namun saat ini dibarengi dengan areal persawahan. Di kebun ini juga dibuatkan kolam ikan, tempat duduk-duduk, spot berfoto, taman dan fasilitas berkuda. Lengkapnya baca di sini Sawah Jambu Marina

 

Mini Zoo Mata Kucing

Kebun Binatang ini keberadaannya terbilang lama. Hingga sekarang, masih senang dikunjungi warga Batam pada waktu weekend.

Bintang-binatang yang dikandangkan disini seperti buaya, burung, kera, monyet, ular, ikan dan sebagainya.  Mata kucing terletak di Jalan Letjend R Soeprapto daerah Tiban Indah Palapa BI Blok E nomor 4 masih terlihat asri.

Mata Kucing masih bertahan hingga saat ini meskipun tidak banyak yang berubah. Lengkapnya baca di sini: Kebun Bintang Mata Kucing.

 

Agro Piknik

agro-piknik-batam

Pintu masuk Agro piknik/seniberjalan.com

Agro Piknik mirip dengan konsep agro wisata Jambu Marina. Ada persawahan dan taman. Perbedaannya, Agro piknik didominasi dengan taman bunga. Selain itu, ada rumah-rumah merpati dan kelinci yang di kandangkan. Masuk ke kawasan ini membayar Rp 10ribu perorang.

Agro Piknik berlokasi di Area Peternakan, Agromarina Batam. Jelasnya baca map berikut: