Seniberjalan.com— Tak lengkap rasanya berjalan ke Kawah Ijen tanpa mampir ke Air Terjun Kali Pahit. Air terjun ini terbilang unik, air terjun bersalju. Sejak kapan Indonesia punya salju? Dari pada penasaran yuk ikut Aru.

Air Terjun Kali Pahit terletak tidak jauh dari Kawah Ijen tepatnya di selatan paltuding, sekitar 2 km ke arah Bondowoso. Kurang lebih 15 menit. Air terjun ini mudah dijumpai. Berada persis di pinggir jalan. Begitu turun dari kendaraan jalan 5 menit sudah sampai. Tepatnya berada di Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Propinsi Jawa Timur.

Air terjun ini dikelilingi pohon-pohon pinus yang rindang dan bebatuan vulkanik.

Bermain salju di Air Terjun Kali Pahit bikin enggan tuk pulang.

Aliran air terjun biasanya tegak lurus, berbeda untuk Air Terjun Kali Pahit yang aliran airnya landai. Air mengalir di bebatuan vulkanik yang bentuknya memanjang seperti sungai. Panjangnya sekitar 150 meter.

Air nya berasal dari rembesan berelang Kawah Ijen. Dan rasa air nya bukan tawar namun pahit, berwarna hijau dan buih-buih putih seperti salju. Buih-buih menutupi permukaan air.

Kadar berelang yang tinggi pada air itu banyak dimanfaatkan pengunjung untuk menyembuhkan penyakit kulit, mudah saja cukup merendamkan kaki ke air.

Gratis loh, untuk masuk ke Air Terjun Kali Pahit ini, makanya banyak pengunjung yang mampir. Namun belum ada fasilitas umum seperti tempat parkir, kamar mandi, tempat duduk ataupun warung.

Sangat direkomendasikan untuk mampir ke Air Terjun Kali Pahit ini. Foto selfie kalian bakalan seperti di luar negeri, foto di salju. Mau coba, datangin bray!