Seniberjalan.com— Pelangi muncul pada biasan cahaya matahari di air terjun Blawan. Air Terjun Blawan terletak di Desa Kalianyar, Kec Sempol, Bondowoso. Air terjun ini merupakan hilir dari kali Pahit tempat pembuangan air dari Kawah Ijen.

Di sekitarnya dikelilingi tumbuhan makademia dan lumut di tebing-tebingnya. Ada yang unik dari tempat ini, air nya mengalir langsung ke sungai yang berada di bawah tanah yang tembus di Asembagus, Kabupaten Situbondo ke Laut Jawa.

foto seniberjalan.com

Air Terjun Blawan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, debit air sangat deras dan berwarna kekuningan. Warna kuning berasal dari kandungan belerang yang mengalir dari air belerang Gunung Ijen.

Suasana sedikit berbeda dari air terjun pada umumnya yang bisa dinikmati dari depan, di sini hanya bisa diliat dari sisi samping kanan. Untuk sisi kiri dan depan dipagari oleh tebing yang menjulang tinggi.

Selain pelangi dalam perjalanan, kali ini saya mendapatkan bonus lain, Gemuruhnya suara air terjun menjadi terapi tersendiri untuk saya. Ditambah sekeliling yang di dominasi warna hijau dari rimbunnya pepohonan dan lumut di dinding tebing menjadikan hati lebih damai.

"air terjun blawan.jpg"

air terjun blwan. foto: seniberjalan.com

Di area ini kalian bisa menikmati suguhan lain yaitu Goa Kapur, Pemandian Damar Wulan, Air Terjun Niagara Mini dan juga Pabrik Pengolahan Kopi Blawan.

Akses ke air terjun

Untuk menjangkau lokasinya, ikuti jalan ke Ijen melalui Bondowoso, setelah pos 1 lurus ke arah Sempol. Begitu ada pertigaan ambil arah kiri menuju perkebunan Blawan. Dan ikuti arah plang menuju Air Terjun. Dari parkiran kita harus berjalan kaki melewati puluhan anak tangga.