rubiah-seniberjalan (1)seniberjalan.com__Hanya berbekal sekantong mie rebus sebagai umpan begitu mudah mengundang segerombolan ikan hias datang menghampiri saya. Mereka begitu dekat, dengan cuek berlalu-lalang tanpa takut dengan keberadaan manusia.

Pemandangan bawah laut ini adalah suguhan pengalaman bersnorkeling di Pulau Rubiah, sebelah barat kota Sabang, Aceh. Airnya jernih tanpa kacamata snorkeling kita masih bisa melihat ikan-ikan berwarna-warna tersebut.

Berbagai jenis ikan itu memang menggoda, membuat kita harus menahan napas di dalam air untuk bermain dengan mereka. Terlihat ikan jenis angle fish dengan corak belang-belang dan kuning. Mereka datang bergerombol, berenang kesana kemari. Ada berbagai jenis ikan di sini, termasuk bisa menemukan ikan Nemo.

rubiah-seniberjalan (3)

Pulau Rubiah memang menjadi pulau tujuan untuk bersnokeling di kawasan pulau Weh. Bila memanfaatkan jasa snorkeling di pulau itu, instrukturnya akan menawarkan berfoto bawah laut bersama ikan Nemo. Ikan Nemo tidak banyak lagi. Yang lebih menantang, di sekitar pulau Weh juga tersedia fasilitas diving. Bagi Anda yang ingin fasilitas terjangkau cukup bersnokeling saja sudah memuaskan.

rubiah-seniberjalan (5)

rubiah-seniberjalan (2)

Biaya snorkeling ditawarkan sekitar Rp 40 ribu per orang sudah termasuk peralatan snorkeling, di luar biaya instruktur dan foto bawah laut. Waktu datang beramai-ramai, seniberjalan mengeluarkan Rp 200 ribu/grup untuk jasa instruktur, dan Rp 100 ribu untuk foto bawah laut. Akan lebih terjangkau bila datang bergrup sehingga biayanya lebih murah untuk perorangan.

Semua biaya tersebut juga sudah termasuk layanan antar jemput ke penginapan. Kebetulan penginapan tidak jauh dari Rubiah atau berada di seberangnya tepatnya di Iboih. Waktu yang tepat bersnokeling adalah pagi hari atau sore hari. Bila merasa lapar, di pulau Rubiah juga tersedia kedai-kedai yang menjual snack ringan dan minuman.

Informasi lain:

Penginapan: Anda bisa memilih penginapan di Iboih dengan harga bervariasi, mulai Rp 250-an untuk jenis kamar standar.

Akses

Dari Banda Aceh ke pelabuhan Balohan sekitar setengah jam. Seniberjalan menggunakan jasa becak motor Rp 20 ribu. Perjalanan menuju pulau Sabang memakan waktu 1 jam dengan kapal cepat. Kapal cepat berbiaya Rp 80 ribu sedangkan kapal lambat Rp 30 ribu.

Sampai di pulau Sabang ada banyak mobil cateran yang akan mengantar ke Iboih. Memang sedikit mahal. Sehari Rp 600 ribu. Atau  mungkin Anda memilih solo rider menyewa motor di sekitar pelabuhan.

by mero malala

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles