air terjun gentongan 1 - kabar wisata - seni berjalan

Seniberjalan.com— Dua air terjun cantik yang belum populer di Bondowoso ini bernama Air Terjun Gentongan dan Air Terjun Busa.

Letaknya berdekatan dengan aliran air yang berasal dari tempat yang sama, dari rembesan kawah ijen yang mengandung belerang.

Ambil jalur ke Kawah Ijen dari Bondowoso, nah air terjun ini ada di kawasan Afdeling Watu Capil Kec Sempol. Posisinya  tersembunyi dibalik pemukiman warga, kita perlu trekking sejauh 1 km. Kendaraan bisa di titipkan di rumah warga.

air terjun gentongan 3 - kabar wisata - seni berjalan

lewati kandang-kandang kambing

Rute untuk ke Air Terjun Gentongan adalah melintasi jalan setapak dekat lapangan sepak bola SD Watu Capil, ke rumah-rumah warga dan kandang kambing. Jalanan menurun dipenuhi semak-semak, ikutin jalurnya patokan mengikuti sungai. Perjalanan lumayan lama sekitar 1 jam.

Nama Gentongan diambil dari bahasa Madura yang berarti “mengantung”. Ini karena posisi air terjun yang terlihat mengantung di batuan tebing.

air terjun gentongan 2 - kabar wisata - seni berjalan

Air Terjun Gentongan

Suasana di Air Terjun Gentongan sepi dan tenang. Batuan tebing yang eksotis dan tinggi mengelilingi air terjun, untuk yang hobi climbing bisa dicoba di sini.

Sedangkan untuk jalur Air Terjun Busa melewati lapangan kampung di masjid Margahayu, ikuti jalanan perkampungan melintasi kebun kopi dan kebun kubis. Selanjutkan ikuti jalur sungai.

air terjun busa 2 - kabar wisata - seni berjalan

lewat kebun kubis ke Air Terjun Busa

Jalur ini lebih menantang karena posisi kita di atas air terjun. Pada beberapa turunan memakai tangga yang terbuat dari kayu untuk bisa sampai ke posisi bawah air terjun.

Disebut Air Terjun Busa karena saat air belerang yang jatuh dari ketinggian warna air bukan hijau tapi yang terlihat gumpalan busa berwarna putih seperti busa ketika kita sedang mencuci baju.

air terjun busa 1 - kabar wisata - seni berjalan

Air Terjun Busa

Tak kalah dari keeksotisan tebing di Air Terjun Gentongan disini juga relif bebatuan yang unik menjadikan air terjun busa ini semakin indah.

Kalau takut nyasar bisa bertanya sama warga, kadang mereka dengan senang hati akan mengantarnya langsung ke Air Terjun.

Disarankan membawa masker karena bau berelang sangat menyengat. Jangan terlalu dekat dengan air terjun karena cipratan air memberi efek gatal dan perih pada mata. Pun, angan-angan mandi di air terjun ini harus di buang jauh-jauh.

air terjun gentongan 5 - kabar wisata - seni berjalan

Tak semua keindahan harus dinikmati secara langsung, ada yang cukup dinikmati dari jauh, seperti kedua air terjun ini.

-Aru