pantai siung3-seniberjalan

seniberjalan.com__ Pantai-pantai jawa ombaknya memang berdebar (baca:besar). Terbukti ketika seniberjalan.com sampai di pantai Siung. Satu diantara pantai di Selatan Jawa yang berdebar itu.

Sempat kaget sampai dini hari di pantai ini. Deburan ombaknya memberi reaksi tersendiri. Jauh berbeda dengan pantai-pantai di Kepulauan Riau. Kalem dan menenangkan. Pantai Siung begitu menjentik rasa kagum. Dan auranya adalah maskulin. hehe..

Pantai Siung terletak di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kurang lebih 2 jam dari Yogyakarta. Dengan tiket masuk Rp 15 ribu.

Selain ombak yang berdebar, pemandangan laut yang disuguhkannya juga bikin berdecak. Pantai ini bertipikal tebing-tebing. Wajar, untuk menolak deburan ombak yang kuat tebing-tebing itulah yang menjadi hempasannya. Pesona Pantai Siung menawarkan laut biru dengan tontonan permainan ombak yang melibatkan semangat. Dughh..
pantai siung-seniberjalan

Pantai ini cukup terawat. Meski masih temukan sampah-sampah pengunjung. Ada kedai di depan pantai, ada fasilitas wc dan tempat mandi. Tidak perlu kuatir bila ingin berlama-lama di sini.

Sebagai pantai yang menawarkan tebing-tebing yang memukau. Tak jarang tempat ini menjadi spot panjat tebing hingga spot untuk berkemah. Di sebelah pantai ini terdapat sebuah bukit kecil. Mulanya ingin mencoba berkemah di depan pantai. Sayang, ombak pantai Siung sedang tidak normal alias ombaknya begitu besar. Berdebarr..

Untuk sampai ke bukit itu, butuh sedikit tracking. Di sana tersedia tempat camping yang aman. Lagi-lagi bisa disebut tempat berkemah yang sangat pas dan cantik. Mengapa?

Spot berumput tersembunyi itu sangat spesial. Dikelilingi tebing dengan sela-sela view pantai Siung sebagai plusnya. Berada ditebing-tebing itu memberi rasa aman pada cuaca dingin. Tempat itu malah hangat ketika malam. Pas untuk lokasi ngecamping.

Berdiam diri di sini rasanya tak enak. Berjalan-jalanlah. Tempat ini tidak hanya menawarkan spot yang pas untuk ngecamp, tetapi juga tersedia puncak rahasia untuk menyaksikan keindahan pantai Siung.

Setelah melewati gua kecil dengan sedikit usaha, puncak pertunjukan alam itupun menunggu-nunggu. Sungguh, decak kagum saja tidak cukup mewakili apa yang disaksikan. Tontonan landscape pantai Siung dengan lautnya yang luas, dengan tebing-tebingnya yang kokoh, dengan suara-suara deburan ombak yang mendebarkan. Ah, pengen duduk berlama-lama di atas, memandang laut lepas, membiarkan angin mempermainkan rambut dipelipis. nikmatnya minta ampun.

pantai siung4-seniberjalan

Tuhan, yang terindah dan tiada tara itu adalah rasa syukur dalam setiap perjalanan. Rasa syukur bisa sampai di sini dan rasa syukur dengan semua tontonan alam di pantai Siung yang mendebarkan!

seniberjalanlovesindonesia!

–mero

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles