Seniberjalan.com – Refresing dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memancing. Ternyata memancing seru juga, apalagi pulangnya membawa banyak tangkapan.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama saya memancing kecuali mancing ke tengah laut. Beberapa hari yang lalu seniberjalan mencoba mencari spot baru.

Mencari spot memancing di Batam terlihat gampang, tapi tetap saja musti tahu lokasi yang tepat karena tidak semua perairan di Batam ladangnya ikan.

Kami memutuskan ke perairan Setokok. Tepatnya di seberang pantai Setokok, Batam.

Berkat bantuan dari seorang warga Kampung Setokok, kami dibawa memancing ke tengah laut menggunakan boat bermesin.

Perairan Setokok/Seniberjalan.com

Perairan Setokok/Seniberjalan.com

Kami mengambil lokasi terdekat, minimal di puing-puing kelong yang ditancap kayu. Siang hari terlalu pasang, kami menunggu hingga sedikit surut.

Memasuki sore, kami mencoba memancing beberapa ratus meter dari Kampung Setokok. Semula saya tidak berencana melempar Joran.

Namun, semua sudah disiapkan, joran beserta umpan. Kami berempat Saya, Suami, Bobi dan Agus segera beraksi memainkan joran.

Kami mencoba di dua spot sekaligus. Di spot pertama, teman kami, Agus menarik ikan duluan. Ia mendapatkan Ikan Sebelah atau Flounder Fish. Kemudian Ia juga mendapatkan Ikan Merah.

Beberapa menit kemudian, giliran benang kail Bobi dipermainkan ikan. Kali ini, Bobi tidak menggunakan Joran. Dia hanya menggunakan benang dan mata kail. Alhasil tetap manjur.

Bobi selalu beruntung, ikan suka melahap umpan udangnya. Bobi mendapatkan Ikan Timun, ikan wajib yang biasanya nyangkut di joran para angler.

 

Pindah ke spot kedua

Perairan Setokok/Seniberjalan.com

Perairan Setokok/Seniberjalan.com

Tak berapa lama di spot itu, kami memutuskan pindah tempat dan masih di sekitar perairan Setokok.

Di spot kedua ini, kami mendapatkan lokasi yang pas, ikan-ikan di sekitar spot kedua tampaknya sangat lapar.

Saya tambah penasaran katika ikan memberikan tarikan di joran saya. Untuk pertama kalinya saya memancing ke tengah laut dan merasakan kuatnya kekuatan ikan yang menarik joran saya.

Saya menarik tiga ekor ikan. Senangnya luar biasa. Masing-masing kami beruntung karena mendapatkan ikan.

Walaupun sempat diguyur hujan, semangat untuk memancing kembali ke perairan Setokok malah menjadi-jadi. Ya, mungkin di lain waktu lagi.

Hasil Pancingan Seniberjalan

Hasil Pancingan Seniberjalan

Di akhir perjalanan pulang mesin perahu mati. Untungnya lokasi memancing tidak berjauhan dari Kampung Setokok. Kami pulang menggunakan dayung kayu.

Saya rasa, perairan Setokok adalah ladangnya ikan-ikan. Tempatnya juga terbilang aman karena diapit banyak pulau sehingga gelombang lautnya tidak begitu kuat.

Bila memancing di laut Setokok, Anda bisa menanyakan ke warga Kampung Setokok agar dapat menyewa perahu. Selain itu, Kampung Setokok mudah dijangkau atau cukup dekat dari Jembatan Tiga Barelang Batam.

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles