Foto: seniberjalan.com/Tarempa

Anambas dikenal sebagai daerah kepulauan dengan perairan yang jernih dan kaya akan terumbu karang. Anambas adalah sebuah Kabupaten di propinsi Kepulauan Riau, beribu kota di Tarempa.

Umumnya masyarakat di sini bermata pencaharian sebagai nelayan disamping ada yang bekerja sebagai PNS dan berdagang.

Pesona alam Anambas terletak pada keindahan laut dan pulau-pulaunya. Di pinggiran kota kabupaten saja, seperti di Tarempa, kita sudah disuguhi dengan pemandangan laut yang memukau dan laut bergradasi toska.

Baca juga: Touch Down di Tarempa

Sangat mudah menyaksikan ikan-ikan berenang di pinggiran desa karena airnya begitu bening. Namun, keindahan tersebut belum seutuhnya menggambarkan keindahan Kepulauan Anambas, kalau belum mencoba bertandang ke pulau-pulaunya.

Foto: seniberjalan.com/pulau Teles

Foto: seniberjalan.com/pulau Teles

Satu pulau yang pernah disinggahi seniberjalan di Anambas adalah Pulau Teles. Pulau ini berjarak sekitar 5 km dari Tarempa dan merupakan pulau tidak berpenghuni. Namun, pada saat weekend, belakangan pulau Teles juga dikunjungi warga setempat.

Letak Pulau Teles berdampingan dengan gugusan pulau cantik lainnya di Anambas, seperti pulau Temawan, Pulau Kian Panjang, Pulau Loyong, Pulau Selat Ansang dan masih banyak lagi.

Pulau-pulau tersebut memiliki pesona yang sama, pantainya berpasir putih dengan air laut yang begitu bening. Tetapi warga setempat lebih merekomendasikan ke Pulau Teles karena cukup aman untuk bersnokeling.

Baca juga: Jemaja Part 2: Ke Air Terjun dan Padang Rumput Anambas

Dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam menggunakan perahu kecil (pompong) dari Desa Tarempa, pengalaman menginjak Pulau Teles tak akan terlupa. Hanya berjarak beberapa ratus meter, keindahan Pulau Teles sudah menggoda mata. Masih hijau dan sangat alami.

Perairan sekitarnya bagai kolam renang yang terbentang begitu luas. Dipastikan kita akan tertarik untuk segera berenang.

Pulau Teles cukup bersih dan bentangan pantainya terbilang luas, sehingga sangat memungkinkan untuk berkemah dan hammock-an. Kalau ke sini alangkah baiknya membawa perlengkapan snorkeling, agar dapat menyaksikan langsung pemandangan bawah lautnya.

Foto: seniberjalan.com/pulau Teles

Foto: seniberjalan.com/pulau Teles

 

Pulau-pulau Indah lainnya di Anambas

-Pulau Durai

terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau, merupakan konservasi penyu sisik dan penyu belimbing

-Pulau Ayam

Pulau Ayam ini dari Letung atau Tarempa dengan menyewa speed boat tarifnya berkisar Rp 500.000 – Rp 700.000.

-Pulau Penjalin

Pulau Penjalin berada di kecamatan Palmatak, Anambas, Kepulauan Riau. Pulau ini dapat dicapai dengan waktu 90 menit dari Kota Tarempa.

-Pantai Padang Melang

Pantai Padang Melang berada di Kecamatan Jemaja, Kelurahan Letung. Dari Kota Tarempa melalui jalur laut, waktu 2 jam

-Air Terjun Temburun

lokasinya berada di Desa Temburun, Siantan Timur. Bisa menggunakan pompong atau boat dari Pelabuhan Pemda Tarempa kemudian ke Dermaga Desa Temburun dan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

 

Akses ke Pulau Teles

Untuk ke pulau Teles, kita bisa menggunakan penerbangan domestik ke Anambas. Dari Batam juga sudah tersedia feri menuju Anambas.

Tidak ada standar biaya penyewaa kapal dari Tarempa ke Pulau Teles. Satu kapal bisa disewa hingga Rp 1 juta (perahu) atau lebih. Lebih baik berkunjung secara kolektif atau beramai-ramai.

 

Google Maps

 

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles