Seniberjalan.com— Tempat wisata ini adalah lokasi bekas penambangan batu. Penambangan dihentikan karena setelah diteliti bebatuannya merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Ngalanggeran di Gunungkidul.

Tebing ini menjadi situs geologi yang sudah ditetapkan sebagai Situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan. Terletak di Dusun Groyokan Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman.

Dari lampu merah pasar Prambanan belok ke selatan arah Piyungan atau Wanasari. Sekitar 3 km dari penunjuk jalan menuju Candi Ijo. Ikuti jalan tersebut, jalanannya menanjak dan sedikit rusak.

Wisata yang sangat murah karena tidak ada tiket masuk, hanya bayar parkir Rp 2ribu rupiah dan seikhlasnya untuk dana sosial.

Fasilitas umum belum ada seperti kamar mandi, tempat ibadah dan tempat parkir khusus.

white canyon 2 - kabar wisata - seni berjalan

Wisata yang baru dibuka di Jogja ini dinamakan Taman Tebing Breksi.

Tempat ini menjadi destinasi wisata adventure, sering dipakai sebagai bumi perkemahan pramuka. Selain itu lahan seluas 4 hektare yang memiliki medan naek turun dimanfaatkan komunitas motor trail sebagai tempat belajar dan juga sekaligus mempertontonkan atrasi trail.

Tanpa disengaja tebing bekas penambangan batu ini menghasilkan keunikan tersendiri. Bentuk dan tekstur  tebing seperti sengaja diukir. Abstrak. Menjadikan tebing breksi sangat indah dan tampak megah.

Dari atas tebing kalian bisa melihat pemandangan yang keren, terlihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong dengan baground Gunung Merapi. Memanjakan mata kita dan tentunya mata kamera, tempat yang sangat rekomen untuk para traveler yang suka berpetualang dan suka memotret.

white canyon 3 - kabar wisata - seni berjalan

Komposisi tebing yang tinggi dan berwarna putih menjadikan saya lebih senang menyebutnya sebagai “White Canyon Eksotis Dari Jogja”

Aru