air terjun Lembah Anai

seniberjalan.com__Sudah lama tak mampir ke Air Terjun Lembah Anai, satu diantara maskot wisata Sumatera Barat. Bila melewati jalan Padang-Bukittingi pasti bertemu air terjun yang berada dipinggir jalan ini.

Beberapa waktu lalu, seniberjalan kembali berkunjung ke sana. Sayang, saat itu sedang musim hujan, volume air terjun naik dan airnya menjadi keruh. Pengunjung pun dilarang lebih dekat ke air terjun. Selain berbahaya, juga basah kuyup dibuat percikan airnya.

Jika ingin mengabadikan objek wisata ini, pengunjung bisa memilih lokasi ke seberang air terjun saja, tinggal menyeberang jalan. Di depan air terjun terdapat rel kereta api yang tidak digunakan lagi. Dari atas rel ini cukup pas mengambil landscape air terjun itu. Disarankan berhati-hati saat menyebrang atau memilih berdiri di atas rel, karena lalu lintas kendaraan berkecepatan tinggi.

Pada hari biasa, pengunjung sepi. Lebih luwes mengambil foto tanpa diganggu keramaian. Rel kereta api dan alam yang hijau adalah tambahan angle untuk pengambilan landscape air terjun itu. Tampak beberapa orang pengunjung saat juga memilih duduk berfoto di rel kereta dengan latarbelakang air terjun.

Air Terjun Lembah Anai masuk ke dalam Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Biaya masuk Rp 3000. Bagi masyarakat Sumbar air terjun ini cukup familiar  karena lokasinya strategis dan berada dipinggir jalan. Untuk menemukan air terjun Lembah Anai, jarak dari Padang berkisar 1,5 jam. Pengunjung bisa menggunakan bus dengan ongkos berkisar Rp 20.000- Rp 30.000 dari Padang.

–mero malala

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles