Saya tidak menyangka bahwa objek sawah di Batam yang viral di media sosial itu berlokasi di Jambu Marina, Sekupang. Setahu saya, saat mampir ke sana beberapa tahun lalu, tempat itu hanya berkebun jambu biji.

Saya ingat, saya datang ke sana membeli jambu biji yang langsung dipetik dari batangnya atau bisa juga dibuatkan segelas jus buah di tempat. Tapi sekarang Jambu Marina sudah menjadi wisata agro yang di dalam kebun ini ternyata juga memuat lahan persawahan.

Persawahan? Saya sempat ragu: apa benar ada sawah di Batam? Apa padi bisa tumbuh dengan cuaca Batam yang tropis dan tipikal tanah merahnya yang kurang subur?

Saya telah melihat sendiri bahwa ada sawah di Kebun Jambu Marina. Padi dapat tumbuh di  sini bahkan hingga masa panen.

Baca juga: Museum Pertama di Batam itu Bernama Museum Raja Ali Haji

Di sini mereka menanamnya berdampingan dengan pohon jambu biji. Saya sempat menanyakan ke petugas setempat, metode apa yang digunakan agar padi bisa tumbuh di Batam.

“Biasa saja, yang penting kita buatkan tanahnya agak lembek dan ada air,” jawab seorang petugas Jambu Marina.

Ada banyak petakan sawah yang dibuat berbidang kecil berserta pematangnya agar pengunjung dapat berjalan di antara persawahan. Persawahan ini telah diperuntukkan sebagai wisata agro dan diselingi dengan spot foto seperti pembangunan pelantar, booth dan ayunan.

Di bagian ujung kebun ini saya juga menemukan sebuah kolam ikan. Ada lesehan dan tempat duduk yang di bangun menghadap kolam.

 

Fasilitas menunggang kuda di Kebun Jambu Marina

Di pintu masuk, baliho layanan berkuda ini sudah terpajang. Saya juga penasaran, apa ada lintasan berkuda di dalam kebun ini?

Ternyata kita bisa berkuda di sekitar kebun saja, saya tidak melihat lintasan atau lapangan khusus untuk berkuda. Sepertinya ada beberapa kuda yang disewakan. Di kebun ini saya juga melihat berbagai hewan ternak seperi ayam, kambing, dan sapi di belakang kebun.

Ada pula burung elang yang dikandangkan. Kebun ini tidak hanya menyediakan spot foto di area persawahan. Jika terus melimpir ke sebelah kiri kebun, spot berupa taman kecil beserta ayunan yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

Bila lapar, sudah tersedia restoran yang berdekatan dengan pintu masuk atau tempat pembelian tiket.

 

Harga tiket masuk dan fasilitas Wisata Agro Jambu Marina

Per orang Anda harus membayar Rp18 ribu tetapi kita diberi opsi tambahan minuman, tinggal pilih jus jambu biji atau air kemasan. Untuk layanan berkuda sedikit merogoh kocek. Kuda tunggang Rp50 ribu dan naik delman Rp 25 ribu.

Untuk diketahui, selain di Agro wisata Jambu Marina, ada beberapa tempat lainnya yang juga mengembangkan usaha serupa di kawasan yang sama.

 

Map Lokasi Sawah Batam