Seniberjalan.com – Saya pikir Pantai Glory Melur adalah Pantai Melur yang pernah saya kunjungi beberapa tahun lalu. Ternyata saya salah.

Pantai Glory Melur adalah pantai baru setelah Jembatan 5 Barelang dan memang bersebelahan dengan Pantai Melur Lama. Saya melihat ada batas berupa pagar tembok yang memisahkan dua pantai ini.

Saya tak sempat melihat Pantai Melur Lama. Padahal sebenarnya saya bisa saja melimpir dengan mudah ke sana dari Pantai Glory Melur.

Sebelum sampai ke Pantai Glory, sebenarnya di beberapa titik perjalanan jalan trans Barelang, saya sudah melihat banyak baliho pantai Glory ramai terpajang. Karena baru saja dibuka pada 24 Desember lalu. Tapi tampaknya belum sepenuhnya rampung, masih terlihat pembangunan berbagai fasilitas.

baca juga: Museum Pertama di Batam itu Bernama Museum Raja Ali Haji

 

Pantai Glory Melur, Pantai Bergaya Resort di Barelang

Di baliho, pantai ini disebut berkonsep Beach and Resort. Setelah masuk, saya memang menemukan fasilitas bergaya resort seperti gazebo-gazebo.

Namun, saya belum menemukan bangunan penginapannya. Mungkin saja dalam proses pembangunan.

Gazebo-gazebo di pantai ini jumlahnya cukup banyak, berjejer menghadap ke pantai. Ada yang berkuran kecil, sedang hingga besar atau seperti aula. Dan fasilitas tersebut disewakan kepada pengunjung.

Fasilitas lainnya yang tampak adalah berbagai beanbag beserta payung berwarna warni di sepanjang pantai dan fasilitas bermain seperti kano atau kayak. Ada pula penyewaan ban pelampung bagi yang ingin berenang di pantai.

Berbagai fasilitas ini sudah dimanfaatkan banyak pengunjung. Pengunjung juga bisa menyewa perlengkapan kemping seperti tenda di lokasi.

Sementara untuk berfoto selfie ada stage berbentuk hati dan rumah semut yang sudah standby di depan pantai. Karyawan di sana bilang spot itu lebih bagus diambil untuk berfoto saat matahari terbenam.

Mereka juga bilang, di Glory Melur sunset-nya lumayan bagus. Sayangnya, waktu saya datang cuaca lagi mendung dan saya tak bisa menikmati sunset.

Pemandangan Pantai Glory Melur

Saya kurang tahu pasti berapa luas pantai ini. Tapi menurut penilaian saya Pantai Glory Melur tidak begitu luas.

Pantai ini berpasir putih dan lumayan bersih. Sayangnya kalau siang hari masih terasa panas karena tidak banyak pohon di pinggiran pantai.

Di antara pengunjung di Pantai Glory Melur biasanya menikmati pantai dengan berjalan-jalan bahkan berenang.

Pada saat surut, Pantai Glory akan terlihat lebih luas. Pengunjung bisa berjalan ke arah laut untuk menyaksikan pemandangan kapal-kapal tenker yang sedang berteger.

Sesekali aktivitas melaut masyarakat pesisir juga tak luput dari pandangan.

 

Baca juga: Review Pantai Setokok, Seperti Apa ya Kondisinya Sekarang?

Harga sewa fasilitas di Pantai Glory Melur

Gazebo

  • Ukuran kecil 150ribu
  • Ukuran besar 200ribu

Kano Rp 50ribu

Ban Pelampung Rp 10ribu/pcs

Beanbag dan payung Rp 30ribu

Tenda

  • Tenda kecil Rp80ribu
  • Tenda besar Rp 120ribu

Tiket masuk Rp 10ribu/orang
Parkir Rp 10ribu/kendaraan

*Yang sangat disayangkan di sini adalah biaya ke toilet, Anda harus membayar Rp 5ribu meskipun hanya sekadar buang air kecil. Kondisi toilet lumayan bersih.

toilet

 

Lokasi/map Pantai Glory Melur Batam