pantai timang1-seniberjalan

seniberjalan.com__Kondisi gelombang dan ombak di daerah pantai selatan jawa sedang menggila. Begitu pula ketika sampai di Pantai Timang, satu diantara pantai cantik di selatan jawa. Hempasan ombak menyembur hingga ke pemukiman penduduk yang tinggal di tebing pantai itu. Yap, mungkin sudah banyak artikel yang menuliskan pantai ini. Dikenal sebagai wisata minat khusus yang menjual gantole sebagai wisata ekstrem. Gantole adalah semacam kendaraan kayu yang digantung dengan tali. Digunakan untuk menyebrang secara manual ke sebuah tebing. Orang menyebutnya pulau Timang.
Kondisi ombak yang tidak bersahabat, dicegah masyarakat setempat untuk tidak menyebrang. Hanya merogoh kocek Rp 150 ribu untuk menikmati sensasi gantole. Sayang, kali ini memang tidak beruntung. Tapi, tontonan alam pantai ini cukuplah membayar. Lebih baik kecewa dari pada menyia-nyiakan nyawa untuk melawan terpaan ombak gila itu.
pantai timang2-seniberjalan
Saya hanya berdiri di tepi pantai. Memengang tali gantole. Kadang harus menepi tiba-tiba ombak menyembur begitu saja. Angin terasa kencang. Yang bisa dilakukan hanya duduk lalu memandang lautan dan segala keindahan tempat itu. Lalu membawa oleh-oleh berupa  foto. Dari segi destinasi, saya rasa Timang bisa menjadi daerah tujuan wisata. Tidak hanya menjual wisata minat khusus tetapi juga keindahan alam nan elok. Laut bersanding dengan tebing-tebing.
Mulanya pulau Timang dijadikan sebagai tempat bagi nelayan setempat untuk mencari kepiting dan lobster dengan cara menyebrang dengan gantole. Sekarang aktivitas tersebut masih berlangsung hingga menarik perhatian wisatawan untuk mencoba sensai menaiki gontole tersebut.
Akses
Untuk sampai ke Timang memang membutuhkan sedikit rintangan. Dimana jalan menuju ketempat ini masih berbatu-batu dan terjal. Siapkan kendaraan dengan optimal. Untuk motor lebih pas kalau menggunakan motor trail kalau tidak bersiap-siap dengan jalan berbatu-batu itu.
Pantai Timang terletak di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja ke Pantai Timang butuh waktu 2-3 jam. Pantai Timang berada 35 km dari kota Wonosari. Dari arah Wonosari tinggal memilih rute ke Pantai Baron. Pantai ini diapit oleh pantai-pantai sepanjang pesisir daerah Tepus. Di sebelah barat pantai ini sejajar dengan Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Ngetun. Di sebelah timur pantai ini terdapat Pantai Jogan, Pantai Siung, dan Pantai Nglambor. Tertarik wisata ekstrem? Cobain ke Timang! (mero)

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles