Pemerintah Thailand memutuskan membuka kebijakan baru untuk menerima wisatawan dari berbagai negara setelah melewati masa-masa sulit selama pandemi.

Efek pandemi telah menghancurkan ekonomi pariwisata Thailand dan ribuan usaha ditutup. Namun, akhirnya Pemerintah setempat telah melakukan perubahan STV (Visa Turis Khusus) minggu ini agar mendatangkan wisatawan kembali ke negara itu.

Seperti diketahui, negara Thailand memang sangat bergantung pada PDB pariwisata karena sebagai penyumbang devisa yang cukup besar.

Dikutip dari traveloffpath.com, pada tahun 2019 sektor pariwisata dan perjalanan menyumbang sekitar 21 persen untuk PDB Thailand.

Thailand sudah menjadi negara tujuan pariwisata saat ini, di mana 38 juta turis telah berkunjung ke negara itu pada tahun lalu. Bangkok juga dinobatkan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Sebelumnya, Thailand pernah membuat kebijakan masuk bagi wisatawan dengan mengubah dan memperbarui persyaratan visa. Mereka meminta pelancong untuk menunjukkan bukti dana sebesar 500.000 baht ($ 16.336 USD).

Namun kebijakan ini dihapus karena dinggap terlalu mahal dan tidak efektif mendatangkan para wisatawan. Akhirnya Pemerintah Thailand mengizinkan pelancong untuk mengajukan STV, padahal sebelumnya hanya mereka yang berasal dari negara berisiko rendah yang diizinkan untuk mendaftar.