Seniberjalan.com— Pantai Papuma, pantai selatan jawa yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pantai Papuma merupakan akronim dari Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai Papuma serupa Hawaii nya Indonesia.
Masyarakat setempat menyebut ke tujuh batu malikan (batu karang besar yang berserakan di dasar laut)  ini dengan sebutan pulau dan masing-masing pulau dinamai. Antara lain Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narodo, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Pulau kodok.
Hanya 6 pulau yang diberi nama, yang 1 pulau mitosnya dihuni ular berbisa yang jumlahnya banyak dan tidak ada masyarakat yang berani mengunjunginya.
Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer,  Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember – Jawa Timur. Dari kota Jember sekitar 45 km ke arah selatan ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Bisa mengunakan kendaraan pribadi sepeda motor atau mobil. Untuk angkutan umum tidak ada karena trayeknya sudah dihapus.
Jalanan sudah cukup bagus dan beraspal namun curam dan berkelok. Jangan khawatir tersesat karena sudah banyak petunjuk arah yang disediakan di sepanjang jalan.
Pemandangan pertama menuju area Pantai Papuma adalah hijaunya hutan jati disisi kanan dan kiri jalan. Begitu sampai di pantai, kamu akan mendapati hamparan pasir putih, banyaknya kapal nelayan yang bersandar, batuan karang besar dan dikelilingi bukit.  Dengan air yang begitu jernih dan ombak yang tenang.
Tiket perorang 17.500 ketika libur nasional dan parkir sepeda motor 2.000 dan mobil 4.000.
Fasilitasnya lumayan lengkap dari tempat parkir, mushola, warung makan, warung cinderamata, MCK, taman bermain, tempat kemah dan ada juga penginapan.
-Aru

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles