Seniberjalan.com– Saya mendengar kedai Sup Ikan Aliang dari seorang teman. Dia sempat bertanya pada saya saat bertandang ke rumah, ” Sudah pernah makan sup ikan Aliang?”

Saya jawab belum. “Ah kok belum, harus coba nih, Supnya terkenal banget di Nongsa,” ujar dia.

Sebenarnya saya sudah dua kali mendengar nama kedai sup ikan ini. Sebelumnya, ada seorang teman dari Jakarta yang hobi sekali makan di situ tiap kali ke Batam.

Dia juga menyuruh saya untuk mencari kedai Sup Ikan yang katanya berlokasi di Batu Besar Batam tersebut. “Ayo ke sana, pembelinya ramai, sampai gak kebagian”.

Saya sungguh dibuat penasaran. Saya tanyakan ke mereka, apa sih istimewa Sup Ikan Aliang ini kalau memang enak?

sup ikan ALiang/seniberjalan.com

Mendengar nama kedainya saja dipastikan pemilik kedainya adalah orang keturunan Tionghoa. Namun teman saya menjelaskan ada beberapa alasan mengapa Sup Ikan Aliang dibilang enak.

Mereka bilang Sup Ikan Aliang diracik dari olahan ikan segar. Diperkirakan karena kedainya berdekatan dengan pesisir akan lebih mudah mendapatkan bahan olahan laut.

Yang kedua, Sup Ikan ini selalu ramai dikunjungi orang. Bahkan hanya dijual pada waktu terbatas, dari pukul 11.00 hingga 14.00 siang.

“Kalau kesiangan bisa jadi sup ikan ini sudah habis,” kata dia.

Mereka menyarankan saya untuk datang lebih awal atau kalau tak ingin kehabisan sebaiknya memesan terlebih dulu. Hmm..bener-bener bikin penasaran! kapan ke sananya?

 

Menemukan tanpa direncanakan

seniberjalan.com

Terkadang segala sesuatu yang direncanakan tak selamanya bisa diwujudkan. Saya sudah berniat mencari kedai sup ikan ini tapi belum kesampaian.

Dan akhirnya pada suatu hari, tanpa direncanakan saya akhirnya menemukan kedai Sup Ikan ini dan akhirnya mencicipi.

Saya datang bersama suami. Kami menemukan sebuah kedai sederhana, berhalaman cukup luas setelah berkeliling di Nongsa mencari makan siang. Saat itu Sup Ikan Aliang tak terlintas dibenak saya.

Tiba-tiba secara tak sengaja kami menemukan kedai dengan banner Sup Ikan Aliang. Kami langsung memutuskan untuk berhenti. Saya sungguh senang. “Wah ini sup ikan yang mau kita datangi itu”.

Apalagi kami datang diwaktu yang pas. Waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB. Waktu Sup Ikan Aliang mulai diburu pembeli.

 

Olahan Ikan Segar

Sup Ikan ALiang/seniberjalan.com

Mulanya kami memesan semangkok sup saja. Mau dicicip dulu enak apa tidak. Tanpa sadar semangkok berdua ternyata tak cukup meskipun porsinya sudah jumbo. Apa kami kelaparan, atau memang sup ini memang enak.

Kami akhirnya memesan semangkok lagi. Sup Ikan Aliang ini ternyata memang segar. Kuahnya langsung dipanaskan sehingga disajikan hangat-hangat ke meja kita.

Sementara Isi Sup Ikan Aini berupa potongan sosis ikan, ikan segar, udang, sawi dan potongan tomat hijau. Sup ini enak disantap dengan nasi atau tanpa nasi.

Semangkok Sup Ikan Aliang cukup mengenyangkan bila disantap sendiri. Harganya pun terjangkau Rp25 ribu sudah termasuk tambahan nasi.

Saat berkunjung ke sini, ternyata Sup Ikan Aliang sudah ramai dikunjungi para pejabat dan kalangan sipil, seperti polisi dan ANS.

Penasaran mencicip Sup Ikan Aliang? Berikut petunjuk alamatnya.

 

Akses Sup Ikan Aliang Batubesar

Dari lampu merah batu besar (dari arah Batam center) lurus ke persimpangan di depan lampu merah. Jarak 500 meter dari persimpangan itu, Sup Ikan Aliang berada di sebelah kanan.

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles