Bagaimana kamu mempersiapkan perjalanan pada masa new normal? mengingat cara berwisata saat ini berubah dengan kewaspadaan terhadap Covid-19.

Namun, cara terbaik saat ini untuk menyalurkan keinginan berwisata adalah berkunjung ke wisata lokal. Untuk yang berkeluarga berwisata lokal dianggap lebih aman ketimbang melakukan perjalan luar kota atau luar negeri.

Meskipun hanya berwisata lokal, kita tetap perlu melakukan persiapan. Apa saja persiapan yang bisa kita lakukan?

Tahun 2021 ini, tren berwisata mungkin akan tertuju pada wisata lokal. Orang-orang akan cenderung memilih perjalan darat atau perjalanan domestik.

Perjalanan domestik tetap membutuhkan persiapan. Kamu masih perlu mempertimbangkan kendaraan apa yang bisa digunakan, apakah menyetir sendiri atau memilih menyewa kendaraan.

foto: pixabay

Pilihlah kendaraan yang nyaman, terutama untuk yang berkeluarga setidaknya aman dan nyaman untuk anak-anak. Ketahui juga jarak tempuh perjalanan kamu, di mana tempat pengisian bahan bakar terdekat juga wajib diketahui.

Perjalanan darat ke tempat yang sedikit jauh dari rumah, juga mempertimbangkan tempat menginap. Saat ini hotel atau penginapan sudah menerapkan protokol kesehatan untuk menyambut gelembung pariwisata.

Baca juga: Cerobong Asap Batam Brick Works Akan Menambah Koleksi Museum Batam

Persiapkan juga gadget yang bisa membantu dalam perjalanan, seperti ponsel dan powerbank. Cari tahu rute yang dituju. Saat ini sangat mendapatkan lokasi dengan menggunakan google map.

Bekal dalam perjalanan juga dibutuh karena tidak selamanya tempat-tempat yang kita lewati dijumpai toko atau minimarket. Satu lagi, yang paling utama dipersiapkan adalah stamina apalagi jika melakukan perjalanan darat yang cukup jauh.