pesona pantai pulau Tunjuk, Batam. propinsi Kepulauan Riau

seniberjalan.com__Sebagai alternatif destinasi wisata  pantai di Batam, Pulau Tunjuk patut direkomendasikan. Pulau berpasir putih dengan rona air yang menggoda terbilang lumayan menarik perhatian. Buktinya diantara pengunjung yang datang, terlihat tak sabaran segera mencebur diri untuk berenang. Padahal kondisi pantai masih panas terik.
Pulau Tunjuk memang belum begitu familiar. Posisinya berada berseberangan dengan Pulau Subang Mas, Batam atau satu kelurahan dengan Subang Mas. Jalur menuju pulau ini melewati pelabuhan rakyat Punggur atau mengambil jalur menyebarang dari Jembatan Barelang.
Kali ini seniberjalan mengambil jalur pelabuhan Punggur. Setelah menyewa boat (pompong) nelayan Rp 500 ribu pulang pergi, seharian menghabiskan waktu luang di pulau itu ternyata tidaklah mengecewakan. Memilih menginap atau memasang tenda di pantai itu mungkin lebih terasa menikmati momen. Akan tetapi, sekedar singgah sebentar saja tetap menyenangkan kok. Mau tidur siang? Paling seru, karena kondisi angin pulau di sini mampu menidurkan, bahkan membuat kita terlelap begitu saja. Anginnya benar-benar menyejukkan.
Selain itu, banyak pepohonan nan rindang yang meneduhkan di pulau ini. Tempat duduk kayu sudah disiapkan untuk ‘menyantai’ atau berleyeh-leyeh. Di Pantai ini juga ditemui kapal kayu yang ‘ngetem’ di pinggiran, sebagai tambahan properti untuk background foto yang menarik.
 
Sedikit kebelakang pulau, ditemukan jembatan (dermaga) yang menjorok ke laut. Di sekitar jembatan itu ditemukan pantai berbatu-batu. Pulau Tunjuk merupakan pulau berpenghuni tetapi tetap saja memberikan ketenangan. Rumah penduduk berjarak beberapa meter dari pinggi pantai pulau. Jika berkenan, Anda bisa menyapa penduduk setempat. Pada umumnya mereka bekerja sebagai nelayan. Kebetulan waktu datang, ada seorang nelayan yang sedang merajut jala. Mereka cukup ramah menyambut tamu.
Kekurangan pulau ini belum dikelola sebagai destinasi wisata, sehingga masih ditemukan banyak sampah dan limbah kapal dipinggir pantai. Saat Anda datang, Anda harus membayar Rp 10 ribu/per orang sebagai uang kebersihan. Ah, seharusnya bila ada pungutan kebersihan, pantai ini semestinya bebas sampah bukan?
 

pompong (boat)

https://www.youtube.com/watch?v=VxlxORVvhsk&feature=youtu.be

 

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles