Seniberjalan.com— Zaman purba gak hanya cerita, kita masih bisa merasakan kehidupan zaman purba. Mau tahu dimana bisa menemukannya?

Coba main ke Solor Stone di Desa Solor Kecamatan cermee Bondowoso.Gak semudah pergi ke mall, kita butuh perjuangan ekstra untuk menemukan tempat bersejarah ini.

Dari Kota Bondowoso memakan waktu 3 jam. Kita akan berjalan menuju arah Situbondo.Di pertigaan Widuri belok kanan lurus menuju ke pasar Cermee. Dari pasar tidak jauh ada jembatan belok kanan ikuti sungai itu ke arah Desa Solor. Jika nyasar silahkan tanya sama warga sekitar.

foto: seniberjalan

Menuju tempat ini, disarankan mengunakan kendaraan mobil offroad atau motor trail namun jika nekad seperti saya boleh pakai motor matic namun harus berhati-hati. Kondisi jalanan rusak, terjal dan berbatu.

Perjalanan tidak akan membosankan karena rute sepanjang puluhan kilometer ini akan ditemani oleh persawahan, pemukiman warga, bukit dan lembah yang hijau dan juga deretan tebing.

Begitu sampai lokasi Solor Stone, mata akan dimanjakan oleh perbukitan dengan jajaran batu-batu besar yang tingginya puluhan meter dan tertata rapi.

Imajinasi membawa saya melewati lorong waktu menuju zaman purba. Fantastis.

foto: seniberjalan

Suasana begitu tenang, cocok untuk yang pengen menyendiri dan berpikir.

Solor Stone disebut-sebut situs bersejarah peninggalan zaman megalitikum atau 2.500 tahun sebelum masehi. Namun belum ada penelitian lebih lanjut jadi belum bisa dipastikan kapan terbentuk dan kenapa ada di Bondowoso.

Selain batu-batu besar tersebut, di desa Solor juga banyak ditemukan peninggalan sejarah zaman megalitikum lainnya berupa dolmen, punden berundak, menhir, dan lain-lain.

-aru