Seniberjalan.com – Tak sulit menemukan lokasi kemping di Batam karena tersedia berbagai pilihan tempat yang menarik. Umumnya berada di kawasan Barelang, berupa pantai dan pulau. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat kemping di Batam.

Pantai Nongsa

Pantai Nongsa/seniberjalan.com

Pantai Nongsa/seniberjalan.com

Pantai Nongsa berlokasi di Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Untuk menjangkaunya kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum seperti trans Batam jalur Nongsa.

Pantai Nongsa terbilang pantai yang bersih. Di seberangnya terdapat sebuah pulau yang kini menjadi destinasi wisata Batam, yakni Pulau Putri.

Pantai Nongsa direkomendasikan untuk kemping keluarga. Tersedia pondok-pondok kecil untuk berteduh. Sementara untuk lokasi kemping, dapat dibangun berdekatan dengan bibir pantai.

Tarif masuk pantai ini sebesar Rp 10.000 per orang. Pantai Nongsa dibuka 24 jam. Lebih baik kemping pada waktu weekday untuk menghindari keramaian.

Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk/seniberjalan.com

Pulau Tunjuk/seniberjalan.com

Pulau Tunjuk berlokasi di Kelurahan Subang Mas Kecamatan Galang Batam Kepulauan Riau. Pulau ini ditempuh melalui jalur Pelabuhan Punggur dan Pelabuhan Sembulang Barelang.

Jika memilih jalur Pelabuhan Punggur, kalian harus carter kapal pancung di pelabuhan tersebut. Kisaran harga sewa pancung Rp500 ribu pulang pergi. Kapasitas penumpang maksimal 12 orang.

Sementara untuk jalur Rempang Cate, hanya berbayar Rp75 ribu/orang atau kalian bisa menyewa satu perahu 250 ribu untuk PP. Jalur Rempang Cate lebih dianjurkan karena selain murah juga dekat dengan lokasi. Hanya menempuh waktu 15 menit saja.

Pulau Tunjuk di antara pulau yang sangat memesona di Batam. Masih ada warga yang bertimpat tinggal di pulau ini. Sehingga, lebih aman untuk kemping.

Pulau Tunjuk adalah tipikal pantai berpasir putih, teduh dengan pohon-pohon kelapa. Untuk spot kemping terhampar lapangan yang cukup luas untuk menggelar tenda.

Masuk ke pantai ini tidak berbayar. Namun, terkadang, warga setempat meminta uang kebersihan sebesar Rp 10ribu/orang.

Pantai Elyora

Pantai Elyora/seniberjalan.com

Pantai Elyora/seniberjalan.com

Pantai Elyora terbilang pantai baru di Batam. Dibuka pada tahun 2018. Sejak itu Elyora menjadi destinasi pantai di Batam yang ramai dikunjungi di kawasan Barelang.

Tepatnya Pantai Elyora berlokasi di kawasan Galang, Jembatan 6. Akses menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Jarak Galang-Batam sekitar 1 jam.

Pantai Elyora merupakan tipikal pantai dengan garis pantai yang panjang dan landai. Sehingga, kalian lebih leluasa bermain di bibir pantai. Untuk kebutuhan kemping, pantai Elyora juga asik dijadikan spot.

Apalagi di seberang Pantai Elyora terdapat satu pulau kecil. Jika berkenan pengunjung bisa menyebrang dan kemping di lokasi tersebut. Pengelola menawarkan menyebrang ke sana dengan biaya Rp 30 ribu per orang (PP).

Sementara di tepian pantai ini juga dibangun pondok yang dapat disewa, Rp100 ribu per pondok. Biaya masuk ke pantai Rp10 ribu per orang. Fasilitas pantai seperti toilet dan kamar mandi bilas sudah disediakan.

Pulau Mubut Darat

Pantai Mubut Darat/seniberjalan.com

Pantai Mubut Darat/seniberjalan.com

Pulau Mubut Darat terletak di desa Sembulang, Batam, Kepulauan Riau. Mulanya pulau ini adalah perkebunan kelapa yang kelola warga sekitar.

Pasir Pulau Mubut Darat putih dan banyak tumbuhi pohon kelapa. Tempat ini juga direkomendasikan sebagai tempat kemping di Batam.

Apalagi cuacanya sejuk dan diteduhi dengan banyak pohon kelapa. Pada waktu malam hari, kalian dapat menyaksikan parade bintang. Cukup jelas terlihat di lokasi ini.

Masuk ke pulau Mubut dikenakan biaya Rp20 ribu per orang. Sementara untuk sampai ke pantai ini, ditempuh melalui jalur pelabuhan Sembulang.

Sudah tersedia perahu atau pompong untuk menyeberang ke pulau. Per orang dikenakan ongkos Rp50 ribu (PP).

Pantai Tegar Putri

Pantai Tegar Putri/seniberjalan.com

Pantai Tegar Putri/seniberjalan.com

Pantai Tegar Putri terletak di Galang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Berada tidak jauh dari pantai Vio-vio. Untuk menemukan pantai ini harus melewati jalan tanah berapa ratus meter ke dalam.

Pantai Tegar Putri juga direkomendasikan sebagai lokasi kemping. Pertama, Tegar Putri merupakan pantai yang bersih dengan tipikal pantai berpasir putih.

Kedua, lokasinya tenang karena jauh dari keramaian. Ketiga, ada banyak tempat untuk membangun tenda.

Udara di pantai ini sejuk karena juga tumbuhi banyak pohon kelapa. Fasilitas yang disediakan cukup mendukung seperti warung, toilet dan tempat bilas.

Fasilitas pondok seperti gazebo sebagai alternatif tempat bersantai bila tidak membawa tenda. Masuk ke pantai ini, dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu per orang.

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles