Ada yang berubah dari Pantai Dangas saat saya tidak mampir lagi sejak beberapa tahun terakhir. Kini, lebih banyak pondok yang dibangun di pinggiran pantai Dangas.

Dulu hanya dibangun tempat duduk beratap jerami, pun jumlahnya tidak banyak. Sekarang tempat itu hanya tersisa satu. Mungkin pondok lebih dibutuhkan pengunjung sebagai tempat bersantai atau berleyeh-leyeh yang lebih nyaman.

foto: seniberjalan

Di bagian kiri pandai kini juga berdiri berbagai kios makanan. Pada hari biasa suasananya memang tampak sepi.

Pantai Dangas terbagi di dua sisi. Sebelah kanan atau tepat saat masuk ada pantai berpasir yang tidak begitu luas. Sedikit ke ujung kondisi tanahnya berbatu-batu tajam.

Tapi pantai di sebelah kanan ini lebih mendingan untuk bermain pasir atau berenang.

foto: seniberjalan

Sementara di bagian kiri atau berjalan ke belakang kondisinya didominasi lahan bebatuan berwarna tanah. Kita perlu hati-hati, karena batu-batu ini tampak licin dan bersisi tajam.

Di bagian kiri juga dibangun banyak pondok dan yang terbaru, saya melihat dibangun pelantar kayu sebagai tempat swafoto.

Keadaanya juga tidak baru. Saya ragu untuk menaikinya, berpikir pelantar itu penampakannya sudah lapuk.

Baca juga: Memandang Singapura dari Pantai Tanjungpinggir Batam

Penambahan semua fasilitas itu tidak menarik buat saya. Kalau dulu pantai ini masih alami dan sedap dipandang. Namun, hingga saat ini sepertinya Pantai Dangas masih ramai disinggahi warga Batam.

 

Pemandangan Pantai Dangas

foto: seniberjalan

Pemandangan yang disuguhkan Pantai Dangas berupa aktivitas kapal kontainer dan nelayan yang melaut. Selain itu, gedung pencakar langit negeri Singapura juga terlihat dari pantai ini.

Pantai Dangas memiliki fasilitas wisata seadanya. Sayanganya toiletnya tampak kurang terawat. Sementara untuk sarana hiburan disediakan layanan berkaraoke.

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Memutuskan Berwisata Saat Pandemi

Pantai Dangas mungkin cocok untuk rekreasi keluarga, atau hiburan memantai sejenak untuk warga sekitar Sekupang.

Tiket masuk ke Pantai Dangas Rp10 ribu per orang. Di sini tersedia banyak kedai minuman dan makanan sekiranya pengunjung datang tidak membawa bekal.

 

Akses

Pantai Dangas berlokasi di Tj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

 

Maps Pantai Dangas Batam

 

About the Author

Seni Berjalan

Sang Koboi Traveler

View All Articles