Pusat perbelanjaan di Kota Batam mulai ramai menyambut Imlek tahun 2021. Perayaan Tahun Baru China atau Imlek akan berlangsung pada 12 Februari 2021.

Grand Batam Mall, di antara mall di Batam tampak semarak menyambut Imlek dengan hiasan lampion, bunga sakura, foto booth bertema kerbau logam.

“Kami memang punya tema di acara besar seperti Imlek,” kata Vivi, Marketing Communication Grand Batam Mall, Kamis (14/1/2021).

Kemudian 31 Januari mendatang mall ini juga menghibur pengunjung dengan alunan dari Guzheng atau Kecapi China yakni alat musik tradisional China yang populer.

Grand Batam juga bakal mengundang artis lokal Batam hingga atraksi barongsai. Pada tanggal 12 Januari-14 Februari digelar pula pameran.

“Di depan ada Batik 37, atrium multiproduk seperti kue khas Imlek, kalau hiasan Imlek ada di Top 100,” ucapnya.

Mal lainnya,Diamond City (DC) Mall juga ikut menyemarakkan Imlek. Seperti parade Imlek, pameran Imlek berlangsung 15 Januari-14 Februari, dan atraksi barongsai di tanggal 12 Februari.

“Perayaan Imlek tahun 2021 ini sama seperti tahun sebelumnya, DC Mall memberikan hiburan dan pelayanan terbaik bagi pengunjung,” kata Eddy, Koordinator Event dan Promo DC Mall.

Kemudian penataan panggung yang berada di atrium mal juga bertema Imlek. Terdapat pohon sakura, foto booth, lampion dipanggung dan area mall.

Baca juga: Pecinta Tanaman Hias Ikuti Kontes di Batam Flower Festival

“Imlek tahun ini sejalan dengan Hari Valentine, dekorasi panggung kita berwarna merah dan pink,” terangnya.

Kemudian Nagoya Hill Shopping Mall menawarkan aksesoris khas Imlek yang terletak di depan pintu masuk seperti angpao, lampion, nanas gantung dan sebagainya. Sebagai informasi pameran berlangsung selama sebulan penuh 12 Januari sampai 12 Februari.

“Imlek 2021 tahun kerbau, kita menawarkan pernak pernik seperti angpao kerbau,” kata Hendri, penjual pernak pernik di Nagoya Hill Mall.

 

Protokol Kesehatan Saat Imlek di Batam

perayaan imlek 2021

Pernak pernik imlek di salah satu Mal Batam. foto: dispar Batam

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, mengatakan perayaan Imlek tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti memakai masker bagi karyawan dan pengunjung mall, mencuci tangan, mengecek suhu tubuh karyawan dan pengunjung, dan menjaga jarak.

“Pelaksanaan kegiatan wajib menerapkan protokol kesehatan sebagai cara mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Batam,” pintanya.

(*)